Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kawah Candradimuka" buat Mekanik Sepeda Motor Honda

Kompas.com - 13/09/2014, 12:32 WIB
Aris F. Harvenda

Penulis

Makassar, KompasOtomotif - Dalam rangka menyiapkan keterampilan mekanik, Astra Honda Motor (AHM) bersama jaringan pemasar utama membangun Training Center sebagai "kawah candradimuka" pengasah kompetensi. Saat ini terdapat 27 pusat pelatihan yang tersebar di seluruh Indonesia. AHM sendiri memiliki Pusat Pelatihan Teknik yaitu Astra Honda Training Center (AHTC) yang berlokasi di Jakarta, dan sudah didirikan sejak 2004.

"Training Center Honda merupakan bagian dari komitmen kami untuk terus meningkatkan kompetensi teknik para mekanik Honda. Selain itu, sebagai bentuk kontribusi terhadap masyarakat, Training Center Honda juga terbuka untuk masyarakat yang ingin menimba ilmu dari para instruktur teknik berpengalaman yang kami miliki,” terang General Manager Technical Service Division AHM Wedijanto Widarso, dalam keterangan resmi, (13/9/2014).

Sebagai pusat pelatihan mekanik, AHTC memiliki fasilitas dan peralatan lengkap dan canggih, seperti pit kerja bengkel layaknya bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), ruang pembekalan materi, ruang workshop lengkap dengan simulator komponen mesin sepeda motor.

Tempat ini memiliki instruktur-instruktur mekanik terlatih dan bersertifikasi dari Honda Motor Jepang, fasilitas akomodasi, perpustakaan, dan ruang makan khusus yang siap digunakan untuk mendukung para mekanik saat berlatih secara periodik di tempat ini.

Setiap tahun, para instruktur teknik di AHTC melatih kompetensi teknik sekitar lebih dari 1.000 orang pemilik dan pimpinan bengkel, hingga mekanik-mekanik Honda seluruh Indonesia. Mereka secara periodik memperbarui pengetahuan dan keterampilan mekanik AHASS dengan teknologi terbaru yang diimplementasikan pada sepeda motor Honda.

Keberadaan AHTC ini menarik minat masyarakat luas untuk menimba ilmu teknik sepeda motor. AHTC memberikan pelatihan dan berbagi ilmu teknik dan pengetahuan tentang teknologi Honda kepada berbagai perwakilan masyarakat mulai dari institusi pemerintah, perusahaan, sekolah, hingga komunitas di masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com