Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencarian Teknisi Andal Sepeda Motor Honda

Kompas.com - 05/06/2014, 14:43 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menguji kompetensi teknisi sepeda motor, antar siswa SMK binaan Honda se-Indonesia. Ada 745 siswa diadu keterampilannya memecahkan masalah pada sepeda motor, di Astra Honda Training Center (AHTC), yang digelar 5-6 Juni 2014.

Kontes keterampilan ini memasuki penyelenggaran tahun ke-5. Regulasi masih sama, siswa diseleksi terlebih dahulu di tingkat regional. Dari tahap penyaringan ini, terpilih 41 siswa yang berkesempatan unjuk kemampuan di AHTC.

Para siswa diuji sesuai kurikulum yang dipelajari di sekolah, baik dari pengenalan peralatan dan komponen, pemasangan serta pelepasan komponen, lalu menguji keterampilan pemecahan masalah sepeda motor berteknologi injeksi.

General Manager Technical Service Division AHM, Wedijanto Widarso, mengatakan, perusahaan secara konsisten mendukung program link and match dunia industri dan pendidikan. "Kami berharap kontes ini dapat memacu para siswa SMK, untuk meningkatkan kompetensinya di bidang otomotif roda dua, sehingga menjadi tenaga terampil di dunia kerja," ujarnya.

Penilaian
Urutan penilaian, pertama, pemahaman terhadap soal, lalu mendapatkan kasusnya, lanjut sistematika pengerjaannya. Waktu akan menjadi poin plus, jika peserta mengerjakan tepat atau lebih cepat dari waktu yang ditentukan. Bonus lain, kerapihan dari pengerjaan selama memecahkan masalah.

Pemenang dari kontes ini berhak mendapat hadiah uang tunai. Satu unit Honda PCX juga akan diberikan ke sekolah asal pemenang pertama, sebagai sarana praktik dari teori yang sudah diberikan berdasarkan kurikulum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com