Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Otonomos Google Mulai Tes Kecepatan

Kompas.com - 20/08/2014, 16:46 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

California, KompasOtomotif - Mobil otonomos (tanpa pengemudi) yang dirancang Google terus mendapatkan pengembangan. Setelah melewati pengujian jalan, mobil otonomos tersebut sekarang memasuki tahap kecepatan.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (20/8/2014), Google telah menanamkan program pada mobil masa depan ini agar bisa berlari di atas kecepatan 16 kpj. Sebelumnya, mobil disetel berjalan pelan untuk menjaga keamanan saat pengujian.

Perwakilan Google mengatakan, melaju dengan kecepatan hanya 16 kpj sementara mobil lain kencang justru berbahaya. Itulah yang membuat perusahaan memasang program khusus agar kecepatan mobil bisa melebihi batas 16 kpj, disesuaikan kondisi lalu lintas. Alhasil, mobil bisa melesat hingga 40 kpj.

Google telah menguji mobil ini di AS sejak 2010 lalu. Meski demikian, belahan bumi Eropa yang akan pertama kali bisa merasakan mobil tanpa awak ini. Eropa lebih dulu menelurkan undang-undang otonomos mulai tahun depan. Dan Inggris sebagai salah satu negara yang akan mengizinkan mobil tanpa awak melintas di jalanan umum.

Bila Eropa selangkah lebih maju dalam mengeluarkan peraturan, bukan tidak mungkin AS yang sudah memulai pengembangan sejak empat tahun lalu akan tertinggal. Beberapa pabrikan besar juga sudah menyatakan tertarik melakukan pengembangan mobil pintar ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com