Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Jepang

Ini Kebanggaan Baru Hiroshima, Mazda6 Seri Balap

Kompas.com - 20/08/2014, 08:00 WIB
Wisnubrata

Penulis

Hiroshima, KompasOtomotif  – Hampir semua pabrikan mobil di seluruh dunia memiliki divisi riset yang mengembangkan mobil balap. Selain untuk keperluan pengembangan teknologi, balap juga bisa meningkatkan gengsi terhadap merek, sekaligus pembuktian atas performa mesin-mesin ciptaannya. Tidak terkecuali pabrikan asal Hiroshima, Mazda Motor Corporation.

Selain model 787B yang melegenda karena menjadi merek Jepang pertama yang memenangkan balap ketahanan 24 jam Le Mans pada 1991, Mazda kini mengembangkan seri balap Grand-Am GX Mazda6 SKYACTIV-D Racing. Model yang berlaga tahun lalu pada Rolex Grand-Am GX Race di Atlanta, Amerika Serikat itu, sekarang dipamerkan di Mazda Museum, Hiroshima, Jepang.

Setelah bertahun-tahun dikenal sebagai perusahaan mobil dengan mesin ‘rotary’, pada 2013 mengandalkan jantung pacu SKYACTIV-D untuk Grand-Am GX Mazda6. Pada penampilan keempatnya di Sirkuit Road Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, mobil ini menempati podium pertama dan ketiga Grand-Am GX Race.

Keizo Okue, President Director PT Mazda Motor Indonesia, Senin (18/8/2014), mengatakan, “Setelah menjadi satu-satunya tim yang pernah memenangi 24 Hours of Le Mans dengan mesin rotary, kini Mazda menjadi satu-satunya peserta yang menggunakan mesin diesel di ajang balap turing bergengsi seperti Grand-AM GX Race.”

“Ini adalah momen yang amat bersejarah untuk dunia Mazda Motorsports, karena kami sekali lagi membawa teknologi inovatif ke lintasan balap dan mendemonstrasikan performa, kualitas, durabilitas dan reabilitas dari brand kami,” lanjut Okue.

Kompas.com/Wisnubrata Mazda6 SKYACTIV-D Racing, mobil yang tahun lalu berlaga di Rolex Grand-Am GX Race di Atlanta, Amerika Serikat dan sekarang dipamerkan di Mazda Museum di Hiroshima, Jepang.

Walaupun menggunakan lebih dari 60 persen bagian mesin dan 250 suku cadang versi produksi massal yang tertanam di Mazda6 terbaru, jantung empat silinder SKYACTIV-D 2.2L turbo yang tertanam pada mobil balap ini mampu menggelontorkan 400 tk di 5.000 rpm dan torsi maksimum 445lb-ft di 3.600 rpm. Untuk pengurang laju, Mazda berkolaborasi dengan produsen rem F1, Alcon, produk yang digunakan, brake-kit 355mm monoblok 4 piston untuk depan dan 328 mm 4 piston untuk belakang.

Mazda6 Racing Car menggunakan kombinasi sasis tubular dan suspensi independen double wishbone. Dengan bobot total 1.111kg, mobil cukup lincah bermanuver di lintasan balap. “Yang jelas, dapat berkompetisi dengan mesin generasi terbaru pada mobil baru adalah perasaan yang amat luar biasa,” ujar Okue.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com