Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Daftar Merek Mobil Tanpa Pemilik Loyal di AS

Kompas.com - 24/08/2014, 09:20 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

California, KompasOtomotif – Pengalaman memiliki mobil sebelumnya adalah salah satu faktor besar yang memengaruhi pembelian mobil baru. Beberapa merek punya konsumen loyal, namun banyak yang lainnya hanya sampai di kesan pertama.

USA Today, awal pekan ini melaporkan lima merek dengan persentase loyalitas konsumen terendah. Artinya, semakin kecil nilainya berarti semakin sedikit mantan pembeli yang ingin membeli mobil merek sama untuk kedua kalinya.

Data diambil dari perusahaan analisis Kelley Blue Book. Rating loyalitas konsumen ditentukan berdasarkan keinginan konsumen 33 merek mobil di AS.

5. Scion  25,79 persen
Merek milik Toyota di Amerika Utara ini sedang dalam status siaga. Saat pertama kali diperkenalkan satu dekade yang lalu, AS sedang dalam perkembangan pasar mobil kompak. Awalnya berjalan baik,  mengenai target konsumen modern yang lebih menyukai merek “individu”, bahkan disukai usia paruh baya. Namun Scion sudah lama tidak melahirkan model baru, kualitas dan performanya yang kurang terbongkar seiring waktu.

Autoguide Jaguar Land Rover mermperkenalkan model produksi versi AS Jaguar F-Type Project 7 dan Range Rover Sport SVR di di Pebble Beach Concours d'Elegance 2014.

4. Jaguar 25,45 persen
Sebagai merek ikonis Inggris yang ada di AS, Jaguar tidak punya masalah dengan kualitas. Kendalanya ada pada harga, terlalu mahal dibanding kompetitor. Dengan begitu kurang kompetitif, terlalu eksklusif padahal masih bisa dikatakan produk “mainstream”.

3. Dodge 22,88 persen
Jualan Dodge tahun ini sebenarnya lumayan, namun kurang dari 25 persen konsumennya adalah pembeli kedua. Konsumen menempatkan kualitas di depan, Dodge tertinggal soal ini. Performa dan kehandalan di bawah rata-rata.

2. Chrysler 22.72 persen
Sama-sama merek asal Amerika seperti Dodge, Chrysler justru kurang dipercaya konsumen di kampung halamannya sendiri. Indikasinya, keduanya sedang mengalami krisis merek. Buat konsumen, model kedua merek ini terlalu dipaksakan untuk berbeda, padahal terasa sama saja. Ditambah lagi, Chrysler belum punya banyak variasi model.

1. Mitsubishi 21.77 persen
Di AS, Mitsubishi hanya brand kecil. Pada Juli, mereka hanya menjual 46.021 kendaraan di AS. Indikasinya, Mitsubishi tidak jor-joran mengomersialkan merek atau produk seperti merek lain. Ditambah pula, hanya ada sedikit model yang ditawarkan. Jumlah jaringan pemasaran juga terlalu sedikit.

Kecenderungannya semakin banyak konsumen loyal, berbanding lurus terhadap penjualan. Misalnya, Ford, Honda, dan Toyota gemilang di AS karena sebagian ditopang pembeli kedua dan kesekian. Rating konsumen loyal ketiganya di atas 50 persen. Daftar yang ada di atas menunjukan sebaliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com