Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 10 Mobil Terlaris di AS

Kompas.com - 07/07/2014, 09:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber carscoops
Los Angeles, KompasOtomotif — Setiap tahun, situs jual beli mobil Cars.com di Amerika Serikat menampilkan mobil-mobil terlaris. Dengan catatan, semua mobil yang masuk daftar mobil terlaris memiliki kandungan lokal minimal 75 persen. Tahun ini, mobil terlaris di seluruh Amerika Serikat masih diduduki oleh pikap Ford F-150.

Peringkat kedua diisi Toyota Camry. Menariknya, dari total 10 model terlaris, ternyata didominasi oleh merek-merek dari Jepang. Total, tujuh model mengisi daftar tersebut.

Dominasi ini juga diperoleh karena fakta kalau beberapa model General Motors, seperti Buick Enclave, Chevrolet Traverse, dan GMC Acadia, tidak lagi masuk dalam hitungan, karena kandungan komponen lokalnya menurun di bawah 75 persen. Tahun sebelumnya, model-model ini setidaknya masuk dalam 10 besar pada tiga tahun terakhir.

Model lain asli AS yang hilang dari daftar tahun ini adalah Dodge Avenger. Model ini tidak masuk dalam hitungan karena baru saja dihentikan produksinya dan tidak punya penerus.

Tetapi, tetap ada empat pendatang baru yang masuk dalam daftar tahun ini, yaitu Chevrolet Corvette Stingray, Honda Ridgeline, Honda Crosstour, dan Dodge STR Viper. Keempat model baru itu pertama kali masuk dalam daftar peringkat 10 model terlaris di AS.

Menurut Lembaga Nasional Administrasi Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA), dari semua model produksi 2014 yang ada di pasar, hanya 13 model yang mengandung kandungan lokal minimal 75 persen.

Berikut 10 Daftar Mobil Terlaris di AS 2014:
1.  Ford F-150 (diproduksi di Dearborn, Michigan; Claycomo, Missouri)
2. Toyota Camry (Georgetown, Kentucky; Lafayette, Indiana)
3. Honda Odyssey (Lincoln, Alabama)
4. Toyota Sienna (Princeton, Indiana)
5. Toyota Tundra (San Antonio, Texas)
6. Toyota Avalon (Georgetown, Kentucky)
7. Chevrolet Corvette Stingray (Bowling Green, Kentucky)
8. Honda Ridgeline (Lincoln, Alabama)
9. Honda Crosstour (East Liberty, Ohio)
10. Dodge Viper (Detroit, Michigan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com