Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Jepang

Ini Interior All-New Mazda2 yang Dipasarkan di Indonesia

Kompas.com - 21/08/2014, 08:20 WIB
Wisnubrata

Penulis

Obihiro, KompasOtomotif – All-New Mazda2 telah diperkenalkan secara resmi pada wartawan, Rabu (21/8/2014), di sirkuit Tokachi, Obihiro, Jepang. Selain teknologi Skyactiv yang baru kali ini diterapkan pada Mazda2, mobil yang merupakan pengembangan total dari generasi sebelumnya ini mengalami perubahan bentuk, ukuran, dan interior.

Khusus untuk interior dibagi menjadi dua zona. Zona pengemudi dirancang demi kenyamanan berkendara, dengan pandangan ke panel-panel yang simetris dan bersih. Sementara zona penumpang di sebelah pengemudi dibuat selapang mungkin, menghadirkan dashboard lega dengan panel digital touchscreen di bagian tengah.

Kompas.com/Wisnubrata Interior kokpit All New Mazda2 yang diperkenalkan di Sirkuit Tokachi, Obihiro, Jepang, Rabu (21/8/2014)

Sistem pengaturan pada layar ramping ini disesuaikan dengan posisi pengemudi agar mudah dijangkau, namun tidak mengganggu konsentrasi. Sedangkan ventilasi udara dibuat tipis untuk sisi penumpang dan diletakkan dalam celah panel instrumen. Hal ini bertujuan untuk menghindari penumpukan terpusat dan menciptakan ruang penumpang yang elegan.

"Saat menciptakan interior mobil ini, saya membayangkan seorang pilot yang duduk di dalam kokpit pesawat. Ini membantu kami menciptakan tema dan desain sportif sekaligus lincah,” ujar Ryo Yanagisawa, Chief Designer Mazda Motor Corporation, saat ditemui di sirkuit Tokachi, Rabu (21/8/2014).

Kompas.com/Wisnubrata Interior kokpit All New Mazda2 yang diperkenalkan di Sirkuit Tokachi, Obihiro, Jepang, Rabu (21/8/2014)

Interior Mazda2 juga dirancang agar menjadi standar baru mobil-mobil pabrikan Mazda. Inovasi dilakukan di setiap bagian, baik dalam hal komposisi ruang, bentuk, tekstur, gabungan warna, dan lainnya.

Menurut Kengo Fukushima, Deputy Program Manager All-New Mazda2, inovasi ini dilakukan untuk memenuhi filosofi Jinba Ittai yang berarti kesatuan antara kuda dengan pengendaranya.

“Kami percaya bahwa hubungan antara seekor kuda dan penunggangnya sangat ideal untuk menggambarkan hubungan antara mobil dan pengendara. Dengan kata lain mobil akan mengerti kemauan pengendara. Kita membuat hubungan antara mobil dan pengemudi sedekat mungkin sehingga pengemudi akan merasa menjadi satu dengan mobilnya,” ujar Fukushima.

Kompas.com/Wisnubrata Interior kursi penumpang belakang All New Mazda2 yang diperkenalkan di Sirkuit Tokachi, Obihiro, Jepang, Rabu (21/8/2014)

Poin penting yang kemudian diperhatikan untuk memenuhi filosofi ini adalah pengaturan posisi pedal dan setir. All-New Mazda2 mempunyai posisi yang ideal bagi orang yang mempunyai tinggi badan sekitar 150-190cm. Selain itu Mazda mengaplikasikan busa tipe urethane di bantalan kursi All-New Mazda2 untuk mengurangi getaran sehingga punggung pengendara terasa selalu nyaman. Sedangkan telescopic steering mendukung posisi ideal untuk bahu.

Dengan berbagai inovasi tersebut, mengemudikan Mazda2 terasa nyaman, mudah, dan mantap, seperti pengakuan para wartawan yang mencoba mobil baru ini di sirkuit Tokachi, baik dalam kecepatan tinggi, saat bermanuver, maupun saat berkendara dengan santai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com