Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercedes-Benz Indonesia Luluskan 16 Teknisi Bertaraf Internasional

Kompas.com - 14/08/2014, 13:39 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tangerang Selatan, KompasOtomotif - Pusat pelatihan Mercedes-Benz Indonesia (MBI) yang telah berdiri sejak 1978, mewisudakan 16 teknisi andal jebolan Automotive Mechatronic Training Program (AMT) angkatan 36 periode 2011-2014.

Seluruh siswa merupakan pilihan dari lebih 200 pendaftar melalui dealer-dealer di berbagai wilayah Indonesia. Selama 36 tahun, fasilitas yang terletak di daerah Jl RE Martadinata Km 7 Kebun Duren, Ciputat, Tangerang Selatan ini, telah menghasilkan lebih dari 800 teknisi berstandar internasioanal.

Tahun ini, seluruh lulusan angkatan 36 akan bekerja di berbagai dealer Mercedes-Benz di seluruh Indonesia dengan sertifikat level pertama, Certified Maintenance Technician.

"Kurikulum dan silabus regional telah memenuhi standar regional dan internasional. Rasio pelatihan 20 persen dan 80 persen praktik yang menyangkut teknologi mobil penumpang dan komersial. Kami berharap lulusan bisa memecahkan segala permasalahan di lapangan," ucap
Eko Setiyodiwarno, Deputy Director Central Training MBI, di Central Training Department, Tangsel, Kamis (14/8/2014).

Jenjang karir
Langah awal buat 16 siswa menempuh jenjang karir di MBI terbuka lebar, setelah bekerja minimal satu tahun di lapangan mereka memiliki kesempatan mendapatkan pelatihan di level selanjutnya dengan Certificated System Technician dan Certicated Diagnostic Technician.

Eko menambahkan, jebolan AMT sudah banyak yang memiliki jabatan tinggi di MBI, di antaranya manager aftersales technic dan dealer service manager.  

Sebagian peserta AMT yang berprestasi berpeluang dikirim untuk studi banding ke berbagai negara ASEAN. "Tukeran berbagai negara, tujuannya penyeragaman standar internasional. Karena teknologi selalu update, kita butuh banyak pengetahuan," tutup Eko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com