Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercedes-Benz Siapkan Rival buat BMW i3

Kompas.com - 06/08/2014, 18:07 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Munich, KompasOtomotif - BMW i3 tidak akan lama berada di “zona aman” sebagai mobil listrik kompak bercita rasa Jerman yang beredar di pasaran. Model tandingan segera datang dari pesaing abadi satu negara asal, Mercedes-Benz.

Setelah menciptakan ML kupe sebagai pesaing langsung BMW X6, Mercedes-Benz membawa persaingan ke level lebih jauh dengan rencana mobil listrik. Auto Moto und Sport Rabu (6/8/2014), mengungkapkan, tim desain Daimler masih mengerjakan rancangan model konsep. Debut perdana dikejar pada 2015, setahun berikutnya versi produksi sudah bisa meluncur.

BMW i3 mendapatkan tenaga 172 PS dan torsi 249 Nm dari motor murni listrik yang berfungsi menggerakkan roda belakang. Distribusi tenaga disalurkan transmisi “1-percepatan”. Seluruh tenaga disimpan dalam baterai lithium-ion 22 kWh. Sekali isi penuh i3 bisa menempuh perjalanan 190 km.

BMW i3 juga punya pilihan hibrida, range-extender, dengan tambahan mesin 2-silinder 650 cc. Mesin kecil ini mampu meningkatkan daya jelajah sampai 290 km. 

Bila ingin bersaing, tentu model baru Mercedes-Benz wajib memiliki tawaran yang lebih hebat. Tidak sekadar model B-Class Electric Drive yang mulai dijual April 2014 lalu. Dari sisi harga memang sama, tapi dari kelengkapan teknologi kalah jauh dengan i3.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com