Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Range Rover Tercepat!

Kompas.com - 12/08/2014, 17:31 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Coventry, KompasOtomotif – Land Rover menampilkan detail Range Rover tercepat dan legal di jalan yang pernah diproduksi, Sport SVR. SUV mewah tersebut merupakan salah satu hasil dari kreasi divisi baru yang dibentuk sejak pertengahan tahun lalu, yakni Special Operations.

Dipasangi mesin supercharge milik Jaguar XJR, 5.000cc, V8, yang sanggup mengeluarkan tenaga hingga 550 tk dan torsi 680 Nm. Kemampuan tersebut disalurkan menuju empat roda lewat transmisi otomatis 8-percepatan yang diproduksi ZF.

Dengan spesifikasi itu, SVR bisa melesat 100 kpj dari diam cuma 4,5 detik. Kecepatan maksimal dibatasi sampai 260 kpj. Saat dites di Nurburgring, catatan waktu terbaik dalam satu putaran 8 menit 14 detik, atau menyamai BMW 1M standar.

Land Rover Lebih sporty dengan diffuser dan knalpot ganda.

Off-Road
Tak hanya cepat, kemampuan off-road mobil ini juga impresif. Teknologi Terrain Response khas Land Rover menjadi standar. Dengan suspensi udara yang bisa dinaikkan hanya dengan menekan satu tombol. Dengan begitu diklaim mampu melewati genangan air setinggi 85 cm.

Penampilan juga berubah. Bemper depan lebih simpel dengan kisi-kisi udara besar demi menyembunyikan dua unit intercooler. Tambahan bodi lain termasuk side skirt, spoiler belakang, dan bemper belakang yang dilengkapi empat lubang knalpot dan pembelah angin.

Land Rover Jok model bucket, sangat sporty.

Kabin
Kabin lega untuk empat penumpang dengan jok bucket yang dilapisi kulit. Kursi belakang bisa dilipat sejajar dengan lantai untuk menambah ruang penyimpanan. Hanya saja baris kedua hanya disediakan jok untuk satu penumpang.

Sentuhan aluminium di kabin membuat penampilannya semakin elegan. Trim berbahan karbon fiber bisa dipasang pada dasbor, konsol tengah, dan panel pintu dengan biaya tambahan.

Debut model ini akan dlakukan pada Pebble Beach Concours d'Elegance, minggu ini di California. Harga dipatok 110.475 dollar AS (Rp 1,2 miliar).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com