Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

”Layar Virtual” di Kaca Garapan Jaguar Land Rover

Kompas.com - 11/07/2014, 15:44 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

London, KompasOtomotif – Jaguar Land Rover menunjukkan hasil proyek penelitian yang menggandakan fungsi kaca. Selain menjadi pelindung, kaca juga dimanfaatkan sebagai layar virtual. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir pengemudi menengok ke bawah untuk melihat panel instrumen atau layar pada dashboard.

Fokus saat ini, mengimplementasikan teknologi tersebut untuk balapan. ”Layar” pada kaca akan menampilkan ”racing line” terbaik, posisi dalam balapan, kecepatan serta posisi gir. Seakan terinspirasi dari game balap, pengemudi juga bisa melihat ghost car (mobil bayangan) yang menunjukkan posisi kompetitor.

”Menunjukkan gambar secara virtual membuat pengemudi semakin akurat dalam mengontrol kecepatan, jarak, dan semakin baik dalam hal pengambilan keputusan. Keuntungan lain, memberi masukan positif untuk pengendaraan sehari-hari,” ujar Direktur Penelitian Jaguar Land Rover Dr Wolfgang Epple.

Dalam kondisi jalan normal di perkotaan, sistem ini juga bisa dipakai untuk menggantikan kaca spion dalam kabin. Kaca bisa dipakai untuk menampilkan bahaya di depan, menunjukkan kecepatan, bahkan bisa menampilkan arahan GPS.

Perusahaan asal Inggris itu awal tahun ini juga sudah menunjukkan teknologi revolusioner lain, yakni kamera di bawah mobil untuk penggunaan dalam rute off-road. Belum jelas, kapan Jaguar Land Rover akan menerapkan teknologi yang dikembangkan itu sebagai peranti opsi atau wajib pada produknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com