Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Honda Ini Tembus Produksi 20 Juta Unit

Kompas.com - 07/08/2014, 18:48 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Manaus, KompasOtomotif - Pabrik Honda Brasil mencapai produksi sepeda motor ke 20 juta unit, sepanjang 38 tahun berdiri. Perayaan kecil dilakukan pegawai pabrik, dengan foto bersama unit ke 20 juta tersebut.

Honda Brasil telah melampaui tonggak produksi yang signifikan dibanding pabrik perakitan sepeda motor di seluruh dunia. Pabrik yang berlokasi di Manaus ini diklaim sebagai fasilitas produksi kendaraan roda dua terbesar di dunia.

Unit ke 20 juta yang keluar dari jalur produksi adalah CG 150 Titan model 2015, dengan skema kelir baru. Model ini di Indonesia dikenal dengan nama MegaPro.

Berdiri pada 1976, pabrik Manaus adalah fasilitas manufaktur terintegrasi yang juga mampu memproduksi komponen seperti mesin, roda, setang, peredam dan rangka. Saat ini pabrik mampu memproduksi 26 dua model, dengan model mesin mulai dari 100 sampai 1.000cc.

Honda memiliki pangsa pasar yang sangat mendominasi di Brasil, dengan memegang 80 persen pangsa pasar roda dua. Pabrik yang sudah berdiri hampir empat dekade ini, memainkan peran penting dalam penetrasi di negeri Samba tersebut.

Pada 2009 lalu, Honda mulai memproduksi sepeda motor flex-fuel pertama di dunia (gabungan etanol dan bensin) dan saat ini sudah ada enam model flex-fuel yang diproduksi. Honda menginvestasikan 40 juta real (Rp 207,78 miliar) di Pusat Pengembangan Teknologi (TDC Manaus), tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com