Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW i3 Mendarat di AS

Kompas.com - 06/05/2014, 09:40 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Boston, KompasOtomotif - Gelombang perdana pengiriman BMW i3 ke Amerika Serikat (AS) telah tiba. Unit pertama telah dijual dealer BMW Herb Chambers, di Boston, kepada pemerhati lingkungan hidup, Profesor Tufts University, Charles Rabie.

“Hari ini menjadi hari besar buat BMW Amerika Utara yang telah memulai impian inovasi. Kini kendaraan model 'i' milik BMW sudah bisa dilihat di jalan-jalan AS,” ujar President dan CEO BMW Amerika Utara, Ludwig Willisch, seperti diberitakan Inautonews, Senin (5/5/2014).

BMW mengungkapkan, sementara ini baru satu unit yang dilepas ke konsumen. Rangkaian pengiriman unit sisa akan dimulai dalam beberapa pekan.

Tantangan global
Diciptakan sebagai jawaban terhadap tantangan global untuk membuat mobil ramah lingkungan. Diplot sebagai unit produksi massal, versi “standar” i3 dilengkapi sistem hibrida. Terintegrasi dengan motor listrik bertenaga 172 PS dan torsi 249 Nm yang berfungsi menggerakkan roda belakang hingga sejauh 160 km. Seluruh tenaga disimpan dalam baterai lithium-ion 22 kWh.  

Tersedia juga varian range-extender dengan tambahan mesin 2-silinder 650 cc. Mesin kecil ini mampu meningkatkan daya jelajah sampai 290 km.  

Daur ulang
Semua hal di i3 adalah hal baru. Hampir sebagian besar tubuhnya dibuat menggunakan serat karbon, total bobot hanya 1.190 kg. Konstruksi bodi diklaim bisa didaur ulang, bahkan material interior menggunakan bahan alami.

Di AS terdapat tiga varian dengan penamaan unik, Mega World, Giga World, dan Tera World. Varian terendah, Mega Wolrd, dijual dengan harga Rp 530 juta. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com