Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Banderol Toyota Fortuner Terbaru, G VNT 4X4

Kompas.com - 05/08/2014, 11:45 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Fortuner G 4X4 VNT Diesel A/T, Selasa (5/8/2014), di Jakarta. Varian tersebut sekaligus menjadi jawaban dari kebutuhan konsumen, atas kendaraan serba bisa di daerah dengan medan berat, tanpa menghilangkan kenyamanan.

G 2.5L Diesel VNT 4x4 dipatok dengan harga Rp 480 juta. Banderol ini lebih murah Rp 35,4 juta dibandingkan dengan tipe V 2.7L 4X4 A/T bermesin bensin.

Dengan demikian, line-up SUV medium tersebut semakin lengkap, dengan deretan 8 tipe. Sebelumnya, sudah tersedia tipe V 4X4 2.7 bensin A/T, Lux 4X2 2.7 bensin A/T, Lux 4X2 2.7 bensin A/T TRD, G 4X2 2.5 VNT diesel A/T, G 4X2 2.5 VNT Diesel A/T TRD, G Lux 4X2 2.5 VNT Diesel M/T, dan G Lux 4X2 VNT Diesel M/T TRD.

Donny Apriliananda/KompasOtomotif Toyota Fortuner G VNT 4x4 dilepas dengan harga Rp 480 juta
"Kendaraan ini dihadirkan untuk kalangan private customer, yang suka dengan kendaraan 4X4. Masyarakat kita banyak yang hobi mengendarainya. Begitu juga dengan konsumen fleet untuk konsumen di daerah-daerah yang membutuhkan kendaraan bertenaga," jelas Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran TAM saat peluncuran.

Pertama kali hadir di Indonesia sejak 2005, awalnya diimpor langsung dari Toyota Motor Thailand. Sejak 2006, produksi sudah dilakukan di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), baik untuk kebutuhan pasar domestik maupun ekspor.

Pada 2007, Fortuner hadir dengan varian diesel bertransmisi manual, sementara transmisi otomatis meluncur pada 2009. Pada 2012, model makin lengkap dengan tambahan teknologi Variable Nozzle Turbo (VNT). Yang memberikan tenaga mumpuni serta efisiensi bahan bakar. Saat ini, market share Fortuner hampir 40 persen di segmen SUV.

Tanpa target
Suparno Djasmin, Wakil Presiden Direktur TAM mengatakan, model ini hanya akan melengkapi line up, tidak ada target yang tercantum. Dalam satu bulan, rata-rata penjualan satu bulan 1.600-an unit.

"Untuk 4X4 bensin, sebulan 30-an unit. Karena baru tersedia sekarang untuk varian yang disesel, animonya akan cukup tinggi dari bensin," ujar pria yang kerap dipanggil Abong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com