Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Otonomos Mulai Akrab dengan Warga AS

Kompas.com - 03/08/2014, 11:23 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Detroit, KompasOtomotif - Siap atau belum, serbuan mobil otonomos akan tiba tidak lama lagi. Hasil survei situs insurance.com menyimpulkan sepertiga dari 2.000 warga pemilik SIM di AS siap menggunakan mobil yang dikemudikan dengan bantuan komputer sepenuhnya.

Temuan lain dari survei yang sama, 22 persen mengatakan “sangat mungkin” membeli mobil dengan teknologi otonomos, 53 persen menyatakan siap membeli, sementara 25 persen sisanya tak berniat.

“Masyarakat sangat sadar mereka sudah mengendarai mobil yang sebagian dikontrol komputer. Sekarang mereka telah mengetahui berbagai informasi seperti fitur canggih seperti penghindar tabrakan. Mobil Google segera menyentuh aspal dalam beberapa tahun. Mobil otonomos tidak lagi fiksi ilmiah,” ujar Managing Editor Insurance.com Des Toups, seperti dilansir Automotive News, pekan lalu.

Penelitian sebelumnya mengungkapkan, otonomos bisa memangkas jumlah kecelakaan cukup berarti, mampu mencapai 211.000 kasus per tahun. Sebagian besar masyarakat percaya, pada 2040 semua mobil tidak akan dikendalikan dengan cara umum yang dikenal saat ini.

“Hingga saat ini kami masih belum tahu bagaimana mobil otonomos akan berkomunikasi dengan yang lainnya, tentu ada kekhawatiran bagaimana bila mereka bercampur dengan mobil konvensional,” tutup Toups.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com