Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Jadikan Indonesia Basis Produksi CBR150

Kompas.com - 24/07/2014, 14:10 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Keputusan PT Astra Honda Motor (AHM) melokalisasi CBR150 di Indonesia bukan sekedar karena faktor persaingan ketat dengan Yamaha. Melainkan menjadi bagian dari keputusan prinsipal Honda Motor Company, untuk mengalihkan basis produksi sepeda motor ini dari Thailand.

"Sudah diputuskan, Thailand hanya akan konsentrasi produksi sepeda motor menengah, yang kecil-kecil dikeluarkan. CBR150 larinya ke Indonesia," jelas sumber internal perusahaan kepada KompasOtomotif, di Jakarta, belum lama ini.

Selain CBR150, Honda Thailand juga sudah mengalihkan produksi PCX ke Vietnam, sekaligus menjadikannya sebagai basis produksi global untuk diekspor ke 14 negara di Asia, Eropa, dan Afrika. Lantas bagaimana dengan Indonesia?

Sumber kedua menjelaskan, untuk tahap awal CBR150 lokal hanya akan fokus menggarap pasar domestik Indonesia saja. Jika pasokan lokal terpenuhi, baru kemungkinan menjajaki potensi ekspor.

Untuk memenuhi pasar domestik, produksi CBR150 lokal akan mengandalkan lini produksi di Pabrik Pegangsaan II, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Sementara itu, untuk ekspor, AHM sudah menyiapkan lini produksi tambahan di pabrik barunya, di Karawang, Jawa Barat. Padahal pabrik baru ini semula hanya disiapkan untuk memasok sktutik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com