Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Konsumsi BBM "Mobil Murah" Kia

Kompas.com - 05/06/2014, 09:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Banten, KompasOtomotif -- Dalam serangkaian Media Test Drive Kia Morning yang diselenggarakan PT Kia Mobil Indonesia (KMI), Jakarta-Pantai Anyer, (3-4/6/2014), panitia tidak menyediakan sesi khusus untuk mengetahui seberapa irit "mobil murah" impor CBU asal Korea Selatan ini.

Untuk mengetahui informasi ini, satu-satunya cara adalah dengan memperhatikan layar multi informasi (MID) di balik lingkar kemudi. Cukup menekan tombol, maka pegemudi bisa mengetahui odometer, trip meter (A dan B), level konsumsi dan pengingat mengisi bahan bakar, serta panduan berkendara Eco.

Dalam perjalanan menuju lokasi penginapan Hawaii Resort di Anyer, Banten, rombongan dihadapi dengan berbagai kondisi jalan padat dan berlubang, sama seperti kondisi sehari-hari di Ibu Kota. Jarak yang ditempuh dalam perjalanan (satu arah) ini tercatat 146,4 km.

Stanly Ravel Jarak tempuh Jakarta-Pantai Anyer.

Selama mengendarai "mobil murah" ini, KompasOtomotif maupun pengemudi lain tidak mempraktikkan gaya berkendara hemat. Artinya, kondisi berkendara dilakukan layaknya rutinitas harian di jalan perkotaan. Mengangkut empat penumpang, jumlah bobot yang ditanggung Morning sekitar 300 kg.

Hasilnya, konsumsi BBM yang diperlihatkan di MID mencapai 7.0 liter per 100 km atau 14,2 kpl. Hasil ini masih jauh di bawah klaim KMI yang mengaku bisa meraih 18,57 kpl ketika melakukan pengujian. Meskipun demikian, hasil ini terbilang irit untuk mobilitas sehari-hari!

Stanly Ravel Untuk mengetahui konsumsinya, harus menghitung dulu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com