Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

F1 Musim 2016 Diprediksi Pakai Ban 18 Inci

Kompas.com - 15/07/2014, 12:24 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Milan, KompasOtomotif - Produsen ban asal Italia, Pirelli, sebagai pemasok ban Formula 1, menyiapkan ban dengan profil tipis mulai 2016 mendatang. Pimpinan Pirelli, Paul Hembery menjelaskan, ban low profile untuk jet darat itu akan berukuran 18 inci.

Pirelli pekan lalu sudah melakukan tes pertama dari prototipe ban profil rendah 18 inci di Sirkuit Silverstone, Inggris. Hasil laporan menunjukkan, karet bundar 18 inci bisa digunakan di ajang F1, tapi butuh pengembangan yang sempurna.

Saat ini, standar lama menggunakan ban dengan ukuran 13 inci, dan sudah tertuang dalam bentuk regulasi balapan. Tapi penggunaan ban model lawas ini dinilai tidak sejalan dengan perkembangan teknologi modern dan sudut estetika mobil. Ini menjadi alasan penggunaan ban profil rendah yang sedang dipertimbangkan.

Hembery mengakui, bahwa menggunakan ban profil rendah adalah tantangan tersendiri buat timnya dalam melakukan pengembangan. Karena, saat ini desain ban 13 inci dirasa lebih tangguh dan memberikan handling yang lebih mudah.

"FIA sudah berbicara tentang musim 2017. Saya pikir keputusan soal ban akan dikeluarkan tahun ini. Sekarang adalah kerangka waktu yang realistis, dan kami akan mencoba pengembangan ban profil tipis, yang sudah bisa diterapkan pada 2016," jelas Hembery seperti ditulis f1news, Selasa (15/7/2014).

Hembery melanjutkan, proses perancangan ban 18 atau 19 inci akan dilakukan dengan mobil balap GP2. Tapi, diakui akan banyak penelitian tambahan sebelum benar-benar siap dipakai mobil balap kecepatan ultra seperti F1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com