Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang buat BMW M3 & M4 Coupe Makin Sporty

Kompas.com - 11/07/2014, 23:10 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

JAKARTA, KompasOtomotif - BMW M3 dan M4 Coupe menjadi model sport terbaru yang dihadirkan BMW Group Indonesia. Desain khas M tercermin di M3 dan M4 Coupe sebagai mobil performa tinggi.

KompasOtomotif Generasi keempat BMW M3
Air Curtains di bagian depan, penggunaan bahan serat karbon reinforced plastic (CFRP) yang ringan, dan komponen bodi aluminium merupakan salah satu ciri. Plus diffuser di bagian belakang, memenuhi peran fungsional dalam hal aerodinamika, pendinginan, dan penghematan bobot kendaraan.

Konsep aerodinamis model M menjadi elemen kunci dalam pengembangan. Aliran udara disalurkan secara tepat, sekaligus memastikan mesin, powertrain, dan rem mendapatkan pendinginan yang sempurna.

Mesin enam silinder segaris dengan teknologi M TwinPower Turbo tersemat pada M3 dan M4 Coupe, dengan daya mencapai 431 HP dan torsi puncak 550 Nm. Keduanya diklaim bisa mencapai akselerasi dari posisi diam ke 100 kpj hanya dalam 4,1 detik, dengan kecepatan maksimal 250 kpj, yang dibatasi secara elektronik.

Selain itu, mengadopsi transmisi M DCT Drivelogic, yang memungkinkan perpindahan gigi tanpa adanya gangguan dalam aliran kekuatan mesin. Tersemat juga fitur Launch Control buat mengoptimalkan akselerasi. Standar spesifikasi Active Differential M di poros belakang menjamin traksi optimal, dengan sistem kemudi elektromekanis M Servotronic yang punya tiga mode buat menghasilkan respon cermat dan sporty.

Data informasi
BMW memberikan aplikasi M Laptimer, yang memungkinkan pemilik menganalisis gaya mengemudi pribadi mereka. Cukup menggunakan ponsel pintar terhubung dengan kabel USB atau adaptor snap in, pengguna dapat dengan mudah mengoperasikan aplikasi tersebut menggunakan iDriveTouch Controller.

Aplikasi ini akan bekerja tanpa penundaan, merekam kecepatan mobil, percepatan longitudinal dan lateral, perputaran mesin, persneling, sudut kemudi, posisi akselerator, dan konsumsi bahan bakar. Data kemudian dianalisa melalui tampilan grafis di smartphone pengguna.

Tersedia juga ConnectedDrive sebagai sistem bantuan pengendara dan layanan mobilitas. Selain itu ada Navigation System Professional, dengan informasi ekstra, grafis lebih tajam dan elemen 3D pada tampilan peta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com