Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTB Mulai Impor Truk Kategori III dari India

Kompas.com - 02/07/2014, 19:30 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Chennai, KompasOtomotif - Mitsubishi Fuso yang memproduksi truk kategori III di pabrik milik Daimler India Commercial Vehicles (DICV), Oragadam, dekat Chennai, India, mulai mengekspor unit secara utuh ke beberapa negara, antara lain Sri Lanka, Bangladesh, Zimbabwe, Kenya, Zambia, Brunei, dan Tanzania. Menariknya, Indonesia masuk dalam daftar terakhir negara tujuan ekspor, seperti dilansir Indianautosblog, Senin (1/7/2014).

Pengiriman perdana Fuso dilakukan dari Pelabuhan Chennai. Truk berdaya tampung 10-26 ton ini notabene sama dengan truk BharatBenz yang dipasarkan di India, bedanya praktis di emblem saja.

Di Indonesia, Mitsubishi merupakan penguasa pasar kendaraan komersial, terutama truk kategori II (light truk) dengan pangsa 45,5 persen. Di sisi lain, Mitsubishi Fuso secara global sudah berhasil menjual 280.000 unit truk, mulai kategori II dan III.

Di Indonesia, distribusi Fuso dipegang oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), di mana komposisi saham Mitsubishi FUSO Trucks adn Bus Corporation (MFTBC) 18 persen.

KompasOtomotif sudah mencoba mengonfirmasi Rizwan Alamsjah, Direktur Pemasaran Eksekutif KTB menyangkut impor ini. Tapi, sampai berita ini dikeluarkan masih belum ada komentar yang disampaikan.

Indianautosblog Pengiriman perdana sudah dilakukan, Senin (1/7/2014).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com