Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Porsche Coba Bujuk Konsumen Macan

Kompas.com - 30/06/2014, 15:02 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Los Angeles, KompasOtomotif - Porsche Macan sudah ludes terjual tahun ini di Amerika Serikat. Nah, supaya tidak kehilangan konsumen potensial, produsen mobil sport asal Jerman itu mencoba mengalihkan sebagian ke model Porsche lain.

Chief Executive Officer Porsche Amerika Utara Detlev von Platen mengatakan, pembeli Macan yang mulai dijual sejak Mei harus menunggu enam bulan, sampai pesanannya bisa diantar ke rumah mereka masing-masing. Kali ini, tantangan terberat bagi Porsche adalah bagaimana menjaga loyalitas konsumen ini tetap terjaga?

Jawabannya, menyewa model Porsche lain dalam jangka pendek. Bisa Boxster atau Cayman, disiapkan sebagai jembatan sebelum Macan yang dinantikan. Waktu peminjaman bisa enam bulan atau lebih, sesuai dengan estimasi pesanan Macan bisa diantar ke konsumen.

"Saya benci mendapat konsumen yang tidak mengenal Porsche sebelumnya dan baru pertama kalinya datang ke dealer, bersiap menjadi keluarga kami dan mendapat jawaban tidak pasti dari dealer. Oh ya, kami senang atas kehadiran Anda, tapi Anda harus menunggu enam sampai tujuh bulan untuk mendapat pesanan (Macan),'" jelas Platen, dilansir Automotive News (29/6/2014).

Konsumen pertama
Ternyata, jelas Platen, dari seluruh konsumen Macan, 80 persen di antaranya merupakan pembeli pertama Porsche. Dengan program penyewaan jangka pendek, diharapkan bisa menjadi cara konsumen pertama ini lebih mengenal karakter Porsche sambil menunggu mobil idamannya datang.

Setelah digulirkan, lanjut Platen, ternyata program penyewaan ini mendapat repons yang positif dari konsumen. Tapi, Platen masih belum mau mengatakan berapa persen konsumen Macan yang mau mengambil program penyewaan ini.

Bulan lalu, Porsche berhasil menjual 1.263 unit Macan di Amerika Serikat. Sementara, jumlah pasokan Macan ke AS dibatasi tidak sampai 10.000 unit pada 2014. Jika permintaan masih menumpuk, pasokan bisa dinaikan tahun depan menjadi 18.000 unit.

Macan dirakit di pabrik Leipzig, Jerman, dengan kapasitas 50.000 unit per tahun. Kapasitas ini bisa dinaikan jika permintaan terus menumpuk. Di AS, Macan dibanderol mulai 50.895 dollar AS atau Rp 605,3 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com