Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detail Triumph Bonneville T100 yang Dipakai Beckham di Hutan Amazon

Kompas.com - 12/06/2014, 16:38 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Brasilia, KompasOtomotif – BBC kembali melansir foto-foto film dokumenter ”David Beckham into The Unknown”. Terpampang jelas sepeda motor yang dikendarai legenda sepakbola Inggris itu, bersama tiga sahabat mengarungi hutan Amazon di Amerika Selatan. Ya, Triumph Bonneville T100 itu sudah tak lagi standar, dan pastinya penuh lumpur.

Tidak dijelaskan soal spesifikasi, tapi dari foto-foto sudah bisa diraba apa saja yang berubah. BBC perlu memodifikasi salah satu andalan merek Inggris itu agar fleksibel ”blusukan” di hutan, karena rute yang ditempuh cukup ekstrem. Melalui jalan berlumpur, potong kompas lewat jalan setapak, sampai menyeberangi sungai dengan kano.

BBC Medan berlumpur membutuhkan sepeda motor yang lebih tinggi.

Modifikasi dilakukan di dua tempat, yakni Inggris dan Brasil. Sebelum dibawa terbang ke Amerika Selatan, sepeda motor sudah diubah pada bagian spakbor. Suspensi ditinggikan, diikuti knalpot yang terpasang mendatar di bagian tengah sepeda motor, demi mengantisipasi medan yang dialiri air. Peranti rem juga dinaikan performanya.

Sampai di Brasil, tepatnya di Sao Paulo, jok diganti dengan versi kustom yang lebih klasik, dengan lapisan kulit warna cokelat oleh salah satu rumah modifikasi. Cat juga diubah lebih gelap untuk beradaptasi dengan alam. Hampir tidak ada bagian yang berwarna krom dari identitas asli Bonneville T100. Tentu ban diganti yang lebih bergerigi.

BBC Tak hanya melalui jalan berlumpur, tetapi sepeda motor juga diajak menyeberangi sungai.

Hasilnya, sepeda motor tampak lebih tinggi. Tak hanya diproyeksikan mampu menembus medan berat, tetapi juga memberikan kenyamanan lebih selama dikendarai off-road. Selebihnya standar, mulai spion yang diletakkan di bawah setang, sampai emblem ”Triumph” yang masih melekat di tangki.

Meski belum dijelaskan detail waktunya, dikabarkan penayangan film dokumenter ini bakal bersamaan dengan event piala dunia, khususnya jelang pertandingan Inggris melawan Italia di babak penyisihan grup D, (15/6/2014).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com