Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Mahal, Triumph Diamond Jubilee Ludes di Indonesia

Kompas.com - 02/04/2014, 14:16 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Triumph Diamond Jubilee, merupakan edisi khusus untuk memberikan penghargaan tinggi, masa pemerintahan Ratu Elizabeth II yang mencapai 60 tahun. Model tersebut ternyata sudah diincar para kolektor dan penggemar. Sepeda motor yang diproduksi terbatas secara bertahap sebanyak 60 unit, langsung laku tiap keluar dari pabrik di Hinckley, Inggris.

Yang mengejutkan, dari jumlah itu 10 unit atau seperenamnya adalah jatah Indonesia. Hingga saat ini yang sudah didatangkan baru 4 unit dan semuanya sudah laku! Padahal, Triumph Motorcycles baru saja membuka perwakilan (subsidiary) di Indonesia baru-baru ini.

Soal banyaknya jatah dan larisnya Diamond Jubilee, Djauhari Tanjung, Komisioner PT Gerai Motor Terpadu (GMT), sebagai dealer utama PT Triumph Motorcycle Indonesia, mengatakan bahwa ini adalah soal kedekatan.

”Yang penting lobi ke pusat (Triumph Inggris). Sementara Indonesia sendiri dianggap sebagai salah satu pasar penting yang sudah banyak mengenal merek Triumph sejak zaman dulu. Yang jelas sulit untuk mendapatkan sepeda motor ini,” ujarnya kepada KompasOtomotif beberapa waktu lalu.

Donny Apriliananda Model yang ke-40 dari 60 unit yang diproduksi.

Langka dan Mahal
Lebih lanjut Djauhari menceritakan bahwa model ini akan semakin langka dan semakin mahal. Setiap edisi khusus yang dikeluarkan untuk mengenang jasa Ratu Inggris akan terus diburu.

”Saya pernah menemukan model sejenis lansiran 1975 di Amerika, harganya mencapai 200.000 dollar AS lebih (setara Rp 2,2 miliar). Yang penting semua dipertahankan orisinal dan dirawat, harganya akan terus menanjak karena masuk sebagai collector item,” jelas Djauhari.

Karena terdampak kenaikan PPnBM, Djauhari pun mengaku belum meramu harga varian edisi khusus ini. Mungkin bisa mencapai Rp 410-an juta on the road Jakarta. Harga itu lebih mahal hampir dua kali lipat dari Bonneville T100 standar yang berada di kisaran Rp 250-an juta.

Diamond Jubilee adalah salah satu dari beberapa model terbatas yang dikembangkan dari Triumph Bonneville T100 yang dikenal gampang dimodifikasi dan tak lekang oleh waktu.

Khusus untuk model Diamond Jubilee, diberikan motif khusus ”Union Jack” di beberapa bagian, plus emblem di setang yang menunjukkan angka produksi, dan sertifikat resmi. Angka produksi 01 dan 02, sudah teronggok di Istana Buckingham sebagai bentuk penghormatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com