Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Akibat Ganja Naik Tiga Kali Lipat dalam 10 Tahun

Kompas.com - 11/06/2014, 20:04 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sumber autoguide
New York, KompasOtomotif- Hasil studi yang dipublikasikan Colombia University, menjelaskan, jumlah kecelakaan akibat pengendara di bawah pengaruh marijuana alias ganja, telah meningkat tiga kali lipat di Amerika Serikat, dalam periode 2000 hingga 2010. Hal ini menimbulkan kekhawatiran baru di kalangan pendukung legalisasi ganja untuk pengobatan, seperti yang telah diberlakukan secara sah di Michigan, Colorado, dan Washington sejak 2013.  

Setelah dilakukan penelitian toksikologi (pengaruh bahan kimia terhadap organisme), terdapat setidaknya 12 persen dari 24.000 kematian dalam kecelakaan, terindikasi berkaitan dengan ganja. Riset tersebut sejalan dengan temuan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), pada 2010, yang mengatakan delapan siswa SMU mengaku pernah mengemudi setelah menghisap ganja.

Dari data resmi tersebut terungkap, hampir setengah dari seluruh jumlah kecelakaan yang berujung cedera parah, pengendara positif mnggunakan ganja, dan rata-rata di bawah usia 25 tahun. Studi lain, New England Journal of Medicine, menjelaskan, pengemudi usia muda yang terpengaruh zat memabukkan tersebut, akan menurunkan tingkat intelejensi sementara.

Barack Obama
Selama dua dekade, rangking ganja setara dengan obat-obatan terlarang yang paling sulit dicari. Pemerintah AS telah berusaha memasukkan peraturan lebih tegas, dengan landasan hukum yang lebih jelas, tapi terbentur dengan fakta bahwa Barrack Obama, menjadi  Presiden AS pertama yang mengaku pernah menghisap ganja saat remaja.

“Saya melihatnya sebagai kebiasaan buruk, saya tidak berpikir itu lebih buruk daripada alkohol,” kata Obama kepada majalah New Yorker.

Alkohol memang diklaim sebagai salah satu sumber terbesar kecelakaan, terlepas fatal atau tidak. Bulan lalu NHTSA memaparkan, negara merugi 250 miliar dollar per tahun karena kecelakaan berkendara akibat alkohol. Sementara total kerugian akibat seluruh jenis kecelakaan mencapai 871 miliar dollar.

Hanya sebagian negara bagian di AS yang memperbolehkan pemakaian ganja untuk pengobatan, tapi NHTSA juga mengungkapkan, empat persen dari semua pengendara menggunakan ganja pada siang hari, dan enam persen pada malam hari. Pada akhir pekan, jumlah pemakaian di malam hari meningkat dua kali lipat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau