Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemakai Sport 250cc Hampir Pasti ”Buang” Ban Standar

Kompas.com - 05/06/2014, 13:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Mayoritas pengguna sepeda motor sport 250cc berkeinginan untuk mengganti ban standar dengan tipe yang berperforma lebih tinggi. Minimal untuk berpenampilan lebih menarik dengan ukuran lebih besar. Meski ban OEM (bawaan) sudah diukur produsen untuk menyesuaikan dengan performa mesin dan stabilitas.

Kenyataan itu dirasakan Michelin Indonesia, yang akhirnya terjun ke pasar ban sepeda motor sport 250cc dengan meluncurkan Pilot Power 3, di Jakarta, (4/6/2014). Head of Marketing & Sales 2-Wheels Michelin Indonesia, Bayu Surya Pamugar Sugeng, mengatakan bahwa mayoritas konsumen di segmen tersebut menginginkan sesuatu yang lebih.

”Kelas ini (250cc) bukan seperti kelas daily user. Rata-rata sudah melihat soal teknologi dan penampilan di urutan pertama. Soal uang atau harga nomor dua. Kami melihatnya pengguna sepeda motor di kelas 250cc ke atas relatif ingin mengganti ban,” jelas Bayu.

Gengsi dan performa
Performa sepeda motor yang cukup besar, mendorong konsumen sport 250cc membeli ban baru guna mendongkrak penampilan, selain mendongkrak performa. Padahal, ban standar sendiri sudah cukup mumpuni karena pasti sudah diukur kapabilitasnya. ”Kembali lagi soal gengsi dan penampilan. Mereka di kelas ini mengerti betul soal teknologi,” imbuh Bayu.

Alasan adalah salah satu peranti yang berpotensi besar untuk diganti adalah performa. Dijelaskan, hampir semua konsumen di kelas ini akan mendongkrak performa dari beberapa sudut dengan menambah peranti balap atau memperbaiki kinerja mesin. Ban yang mendukung performa baru akan dibutuhkan.

Apalagi, saat ini sedang tren sepeda motor 250cc diuji coba di sirkuit. Bukan balapan, tapi lebih ke arah uji coba pribadi, untuk merasakan performa sesungguhnya sepeda motor lewat acara ”Track Days”. Mau tak mau, jika merasa kurang percaya diri dan tidak puas dengan ban standar, pengguna sport 250cc akan mengganti ban yang sanggup diajak meliuk-liuk di sirkuit.

Itulah sebabnya, kata Bayu, Michelin Pilot Power 3 juga bisa dipakai di sirkuit karena penggunaan teknologi 4 kompon, meski fungsi utama mengoptimalkan penggunaan harian dan touring.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com