Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ambisi McLaren Mengejar Sukses Ferrari

Kompas.com - 18/05/2014, 12:42 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Woking, KompasOtomotif - McLaren Automotive berhasil mengantongi keuntungan pada 2013, lebih cepat dari prediksi sebelumnya. Kini, produsen mobil sport itu berambisi mengejar keuntungan. Caranya, dengan memperluas jaringan pemasaran dan menambah model baru dalam tiga tahun ke depan.

Mike Flewitt, Chief Executive Officer McLaren Automotive, kepada Automotive News (17/5/2014), mengatakan, mimpi produsen mobil sport adalah memperoleh keuntungan mendekati rival, seperti Ferrari atau Porsche dalam lima tahun ke depan.

Sukses perusahaan datang setelah tiga tahun berdirinya divisi sport Formula1 Grup McLaren terbentuk. Tanpa menjelaskan secara spesifik, Flewitt mengatakan, perusahaan mengantongi beberapa juta pound dalam keuntungan operasional tahun lalu. "Semula, rencananya hanya impas pada 2013 lalu," tukas Flewitt.

Kabar gembira ini membuat para pemegang saham semakin percaya diri untuk terus mengeksploitasi pasar Eropa yang mulai pulih. Selain itu, sukses perusahaan tidak terlepas dari sokongan mitra Mercedes-Benz.

Bertaruh
Sukses McLaren terwujud setelah Komisaris Utama Grup McLaren dan tim F1, Ron Dennis, mempertaruhkan hal besar, akhir dekade lalu ketika mendorong pemegang saham untuk investasi pada perusahaan baru untuk memproduksi supercar.

Berbeda seperti SLC McLaren, yang dibuat untuk Mercedes antara 2003-2009, perusahaan ini akan berdiri sendiri tanpa dukungan pabrikan lain. Bahkan, sejumlah pengamat kala itu banyak yang meragukannya.

"Seringkali spesialis pabrikan mobil mengambil untung karena menjadi bagian dari grup otomotif besar. Pasalnya, biaya pengembangan sangat mahal dan bisa membuat riset jadi bobot perusahaan lain menjadi keuntungan tersendiri," beber Jonathon Poskitt, analis LMC Automotive.

McLaren pernah menciptakan supercar sendiri, tapi hanya berhasil produksi 107 unit ketika diluncurkan 1994. Tapi, McLaren Automotive berhasil melego 1.400 unit debut model 12C tahun lalu, ditambah model baru P1 juga sudah dijual mulai tahun lalu. Targetnya, mengejar penjualan mencapai figur 3.500 - 4.000 unit per tahun pada 2016. Sebagai perbandingan, Ferrari sudah berhasil menjual 6.922 unit mobil tahun lalu (2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com