Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 17 Pengalaman Memalukan Ketika Mengemudi

Kompas.com - 14/05/2014, 14:47 WIB
Agung Kurniawan

Penulis


California, KompasOtomotif -- Bicara soal mengemudikan mobil, pasti akan ada saat-saat  ketika Anda merasa malu karena melakukan kesalahan. Perasaan malu itu juga karena satu kelalaian sehingga membuat perilaku Anda menjadi sorotan orang banyak ketika duduk di belakang kemudi.

Ada penelitian khusus yang dilakukan Insurance.com terhadap 2.000 pengemudi yang terdiri dari 50 persen pria dan sisanya (50 persen) wanita di Amerika Serikat menyangkut hal ini. Hasilnya, 90 persen responden mengatakan, dari semua kejadian yang dilalui para pengemudi, setidaknya mereka pernah mengalami sekali malu ketika berkendara.

"Jadi itu merupakan momen di mana orang lain tidak melihat, seperti Anda berjalan mondar-mandir di area parkir sambil menekan tombol alarm karena lupa posisi parkir. Atau, harus lima kali maju-mundur untuk masuk ke area parkir," beber Des Toupes, Editor Pelaksana Insurance.com, dilansir Inautonews.com, Selasa(13/5/2014).

Jika dikategorikan dalam klasifikasi usia, pengemudi dengan umur 25-54 tahun mengaku paling sering salah arah, masuk ke jalan satu arah. Sementara pengemudi 55-64 tahun mengaku paling sering melupakan kunci tertinggal di dalam mobil. Sementara usia 65 tahun ke atas mengatakan kerap lupa langsung jalan setelah melakukan pengisian bahan bakar. Padahal, ujung selang masih menempel di lubang tangki.

Dari hasil survei itu, terdapat 17 kejadian memalukan yang paling sering dialami pengemudi ketika mengemudi. Beberapa di antaranya bisa terjadi kepada Anda sehingga wajib lebih waspada dan berhati-hati. Berikut daftar 17 kejadian memalukan ketika mengemudi:

1. Lupa posisi parkir mobil: 52 persen responden (pria: 44 persen dan wanita: 59 persen).

2. Naik ke trotoar ketika parkir: 43 persen (pria: 35 persen dan wanita: 51 persen).

3. Lupa kunci di dalam kabin: 37 persen (pria: 34 persen dan wanita: 41 persen).

4. Salah arah melintasi jalan satu arah: 34 persen (pria: 30 persen dan wanita: 38 persen).

5. Lupa menaruh barang di atap mobil, seperti dompet atau secangkir kopi: 31 persen (pria: 28 persen dan wanita: 34 persen).

6. Mencoba membuka pintu mobil dan menyadari bahwa itu bukan kendaraan Anda: 29 persen (pria: 24 persen dan wanita: 34 persen).

7. Tidak bisa keluar dari area parkir karena ada mobil atau benda lain yang menghalangi: 27 persen (pria: 21 persen dan wanita: 33 persen).

8. Menjatuhkan uang atau makanan ketika lewat drive thru: 26 persen (pria: 23 persen dan wanita: 28 persen).

9. Tak sengaja mengaktifkan alarm mobil dan sulit mematikannya: 22 persen (pria: 18 persen dan wanita: 26 persen).

10. Kehilangan tiket tol atau parkir: 18 persen (pria: 18 persen dan wanita: 17 persen).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com