Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semakin Banyak Mobil Kompak GM Lahir dari Korsel

Kompas.com - 28/04/2014, 13:37 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Incheon, KompasOtomotif - General Motors Company fokus mencurahkan tenaga dan perhatiannya di Korea Selatan, sebagai basis pencipta mobil-mobil kompak untuk pasar global. Buktinya, merek terbesar Amerika Serikat itu telah melipat gandakan kemampuan pusat desain di negeri Ginseng untuk menciptakan model-model baru di masa depan.

"Percayalah, mereka akan sangat sibuk. Baik dari sisi desain produksi dan masa depan. Fasilitas baru ini bisa mendukung pekerjaan para desainer menghasilkan produk yang jauh lebih maju," beber Ed Welburn, Wakil Presiden Global Desain GM dilansir Auto News (25/4/2014).

Studio baru pusat desain dibangun berdekatan dengan pabrik perakitan Bupyeong di Incheon, dekat Seoul. Pihaknya menyiapkan dana 40 juta dollar AS, untuk meningkatkan fasilitas ini menjadi lebih canggih. Investasi tersebut merupakan bagian dari komitmen ekspansi GM di Korsel dengan dana 7,3 miliar dollar AS, yang sudah diumumkan untuk empat tahun ke depan.

Tiga Besar
Dengan peningkatan ini, maka pusat desain di Korsel merupakan yang terbesar ketiga setelah Amerika Serikat dan Brasil. GM berniat memperbesar pengaruh internasional pada unit desain mereka di Korsel.

Beberapa peningkatan dan peralatan yang diperbarui meliputi, studio virtual yang lebih besar, sehingga bisa mendesain langsung, dan terkoneksi dengan 10 pusat desain GM lain di seluruh dunia. Luas studio dan pembuatan model tanah liat diperbesar, fasilitas penjahitan untuk jok, dan lain sebagainya.

Pusat desain di Korsel mempekerjakan 200 orang dan sudah menghasilkan beberapa produk global, seperti Chevrolet Sonic, Spark, Cruze, Trax, dan Captiva. Juga merancang bangun beberapa model masa depan seperti kendaraan listrik masa depan.

40 Persen
Korsel akan tetap menjadi salah satu basis produksi kunci, karena sekitar 40 persen penjualan global GM dipasok dari sini. Apalagi, Chevrolet sudah memutuskan untuk mundur dari Eropa, artinya menghapus 150.000 unit yang juga dipasok dari Korsel. Kini GM berusaha mencari pasar pengganti untuk tetap menjaga produktivitas di Korsel.

"Ini bukti nyata komitmen kuat GM di Korea. Semua merupakan seni murni, apapun yang canggih dan terkini, kami bisa lakukan di sini," jelas Sergio Rocha, CEO GM Korea.

GM Korea menjual 151.040 unit di pasar domestik dan mengekspor 1,8 juta unit kendaraan ke lebih dari 150 negara di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com