Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Pebalap Honda Indonesia Siap Taklukkan Asia

Kompas.com - 22/04/2014, 10:37 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sepang, KompasOtomotif – PT Astra Honda Motor (AHM) mengawali pembinaan balap sepeda motor berjenjang di tingkat internasional tahun ini, dengan mengikutsertakan empat pebalap binaannya dalam ajang Asia Road Racing Championship (ARRC). Mereka akan adu cepat di kelas Supersport 600cc dan Asia Dream Cup (ADC).‎

Di ARRC yang merupakan jenjang tertinggi balap sepeda motor di Asia, untuk pertama kalinya AHM menurunkan pebalap Indonesia di kelas supersport 600cc, yaitu Denny Triyugo, pemuda 25 tahun asal Probolinggo dan Dimas Ekky Pratama, 21 tahun dari Jakarta. Mereka berada di payung tim Astra Honda Racing Team (AHRT).

Sementara di kelas ADC, keikutsertaan AHM telah memasuki tahun ketiga. Di musim 2014 ini Andi Gilang, 16 tahun asal Makassar dan Aditya Pangestu, 19 tahun asal Jakarta akan menjadi andalan untuk menjajal lawan-lawan tangguh se-Asia.

Keempat pebalap Honda Indonesia ini bertarung dengan pebalap dari berbagai negara Asia dalam enam seri ARRC, yaitu di Sepang-Malaysia (18-20 April), Sentul-Indonesia (13-15 Juni), Autopolis-Jepang (15-17 Agustus), Suzuka-Jepang (5-7 September), Buriram-Thailand (5-7 September), dan Losail-Qatar (11-13 Desember).

Pembinaan
Pembinaan pebalap muda secara berjenjang dan terstruktur terus dilakukan AHM secara konsisten. General Manager Marketing Planning and Analysis Division AHM, A Indraputra, mengatakan, apa yang dilakukan perusahaan sebagai bagian dari upaya menciptakan pebalap Indonesia yang tangguh dan mampu berprestasi di ajang balap lebih tinggi.

”Kami berharap para pebalap binaan AHM yang bertarung di ARRC bersama pebalap Asia lainnya dapat semakin menajamkan kemampuan balap mereka. Sehingga, ke depan dapat mencetak prestasi-prestasi balap yang mengharumkan nama  Indonesia di tingkat internasional,” ujar Indra.

Keeempat pebalap Honda Indonesia dalam ARRC 2014 ini merupakan pebalap-pebalap andal yang sebelumnya pernah berprestasi di berbagai ajang balap nasional maupun internasional.

Prestasi
Tahun lalu, Dimas Ekky Pratama bersama Iswandi Muis, mampu mengibarkan Merah Putih setelah menduduki podium pertama, di ajang bergengsi Suzuka 4 Hours FIM Endurance World Championship 2013, di Suzuka Circuit, Jepang. Sedangkan Denny Triyugo sempat berlaga dalam All Japan Championship 2013 di kelas Moto3.

Sementara Andi gilang dan Aditya Pangestu adalah pebalap muda berbakat yang prestasinya konsistensi di ajang balap nasional. Andi Gilang merupakan peraih podium tertinggi dalam One Make Race 150cc Indospeed Race Series (IRS). Di ajang lainnya, Aditya Pangestu mampu membuktikan prestasinya dengan meraih podium tertinggi pada Honda Racing Championship (HRC) kelas MP3 dan MP4.

Pada seri perdana ADC 2014 di Sepang, Malaysia (20/4), Aditya Pangestu dan Andi Gilang berhasil masuk 6 besar hasil klasemen sementara. Aditya Pangestu meraih posisi ke-4 dan Andi Gilang berada di posisi 6. Bahkan pada race 1, Aditya berhasil naik podium dengan meraih posisi ketiga. Kedua pebalap Honda ini akan terus bertarung menuntaskan total 6 seri dan diharapkan dapat meneruskan kesuksesan pebalap Indonesia Gerry Salim yang tahun lalu meraih runner up dalam ADC 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com