Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon "Mobil Sejuta Umat" Versi SUV

Kompas.com - 21/04/2014, 09:20 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Los Angeles, KompasOtomotif – Selepas mobil ber-cc dan berdimensi kecil untuk efisiensi, kini tren mengarah ke segmen baru. Produsen mobil dunia mulai melirik small crossover atau masuk dalam kategori SUV kompak. Dari Asia, merambah Eropa, dan kini produsen asal Amerika Serikat ikut memandang segmen tersebut sangat menggiurkan di masa akan datang.

Semua itu karena sukses Quashqai yang berevolusi menjadi Juke dari Nissan. Dialah pelopor, dan kejelian dari produsen asal Jepang, yang ternyata membuahkan hasil serta menciptakan tren baru. Pemikirannya sederhana, SUV tak harus besar tapi harus multifungsi, bisa dipakai di perkotaan bahkan mengantar kerja.

Satu demi satu produsen menelurkan produk di segmen ini. Paling hangat, Honda menelurkan Vezel atau di Amerika disebut HR-V yang dibangun dari platform Fit/ Jazz. Produsen Eropa juga tak mau kalah. Mercedes-Benz pun menelurkan GLA, SUV kompak yang dibangun dari platform A-Class. Ford juga serius mengangkat EcoSport sebagai andalan.

Sejak itu, produsen lain berbondong-bondong mengikuti jejak tersebut. BMW dan Audi sudah siap dengan konsep yang menyasar segmen ini. Lalu Hyundai yang mengumumkan ix25 sebagai adik ix35 (Santa Fe). Chevrolet pun mulai memproduksi Trax, lalu Jeep dengan Renegade. Terbaru, muncul konsep Kia Niro di Beijing Motor Show yang juga menyasar segmen ini.

Tren baru
”Kemunculan Juke melebihi ekspektasi. SUV dengan ukuran kecil ternyata sangat digemari. Orang mengharapkan mobil kecil, ringan, irit bahan bakar, tapi juga serbabisa,” ujar Karl Brauer, Analis Senior Kelly Blue Book.

Christi Landy, General Manager Marketing Small Cars GM, juga berpendapat bahwa segmen baru ini sangat prospektif. ”Banyak orang yang tak mau lagi naik sedan. Kami melihat segmen ini menjadi tren ke depan, dan kami punya Trax untuk mengakomodasi keinginan orang-orang dengan pemikiran tersebut,” katanya.

Berbicara pada CarAdvice di New York Auto Show, bos desainer Kia, Peter Schreyer, yang mendampingi kemunculan SUV kompak Kia Niro juga berpendapat sama. ”Saya rasa SUV kompak adalah segmen menarik. Kami mempertimbangkan untuk memunculkan sesuatu di sini, dan Niro mungkin menjadi petunjuk,” ucapnya.

Secara keseluruhan, pasar SUV sub kompak mencapai 2,7 juta unit dalam setahun. Sekitar 1,1 jutanya ada di Eropa. Jumlah yang sama juga diminta oleh pasar Asia. Di AS sementara pasarnya cuma 250.000 setahun karena masih banyak orang yang fanatik SUV besar, tapi diperkirakan meningkat tajam beberapa tahun ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com