Rahasia Kesenyapan Kabin Ford EcoSport

Kompas.com - 17/03/2014, 07:30 WIB
Ford Ecosport saat melintasi keramaian kota KOmpasOtomotif-DonnyFord Ecosport saat melintasi keramaian kota
|
EditorAris F. Harvenda
Hua Hin, KompasOtomotif - Ketika presentasi produk Ford EcoSport dalam media test drive di Hua Hin, Thailand, (15/3/2014), Marc Nelis, Small Car Program Manager Ford Motor Company ASEAN mengklaim, SUV urban ini punya kekedapan kabin paling baik di kelasnya. Indeks artikulasinya rata-rata 2,5 db, yang berarti sangat rendah.

Nelis pun membeberkan rahasianya. Dikatakan, teknisi benar-benar bekerja keras agar kabin minim bising dan getaran. "Mereka menghabiskan waktu tak terhitung untuk melakukan pengetesan. Kami tahu, kesenyapan di hiruk-pikuk perkotaan sungguh dibutuhkan," ujarnya.

Material peredam suara dipasang di pintu, atap, dan bodi. Untuk mengurangi kebocoran dan desing, digunakan penyegelan dobel untuk pintu dan menerapkan teknologi baru untuk meningkatkan segel kaca. Headliner akustik membantu menyerap kebisingan di lingkungan sekitar.

Suspensi
Selain itu, suspensi dirancang khusus untuk SUV urban. Peredam dan pegas telah disetel demi mencapai keseimbangan pengemudian dan pengendalian. "Biasanya, desain suspensi melibatkan kompromi sulit antara nyaman dan handling. Namun tim menggunakan peredam yang kami sebut Hydrolock untuk menggabungkan keduanya," ungkap Nelis.

Hydrolock menggunakan cairan hidrolik sebagai tambahan untuk menghilangkan energi ketika peredam mendekati ekstensi penuh. Inilah yang diklaim sanggup mengurangi daya puncak dua atau tiga kali dibandingkan mechanical rebound stop tradisional.

Teknologi itu pula yang menurut Nelis sangat membantu menghindari kebisingan saat melintasi polisi tidur, garis kejut, dan getaran-getaran lain. Ini juga yang sekaligus mengurangi roll gradient.

Hasi akhir cukup mengesankan. KompasOtomotif merasakan sendiri bagaimana senyapnya kabin EcoSport saat melintasi daerah perkotaan dengan jalan yang sempit dan dikepung aktivitas padat. Berbincang dalam kecepatan 130 kpj pun tetap santai, tak perlu bersuara lantang!

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X