Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Ruang Lega bagi MPV

Kompas.com - 13/03/2014, 08:30 WIB

Jakarta, KompasOtomotif
— Ada beragam alasan konsumen memilih mobil keluarga berkarakter MPV. Salah satu pertimbangan penting adalah kapasitas daya angkut. Tak dimungkiri bahwa pepatah Jawa "mangan ora mangan sing penting ngumpul", yang berarti makan tidak makan yang penting kumpul, masih dijunjung tinggi hingga kini. Maka, tak heran bahwa MPV 7 penumpang masih jadi segmen terfavorit di Tanah Air, meski pada praktiknya dalam keseharian hanya dimuati 1 atau 2 orang.

Selain daya angkut, hal lain yang ikut jadi pertimbangan adalah ruang kabin yang lega. Beberapa produsen terkadang "memaksakan" mendesain struktur 7 penumpang tanpa memperhitungkan kelegaan ruang. Terutama untuk baris ketiga, yang hanya bisa dinikmati oleh anak-anak dengan tinggi di bawah 150 cm.

Bentuk
Nah, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan komposisi ruang terutama baris ketiga, saat hendak memilih mobil keluarga. Ada tolok ukur yang bisa dipakai dan terbukti mampu memberikan roomines yang sesuai, serta bisa dipakai untuk keperluan lain. Bentuk dan dimensi juga menentukan. Salah satu yang dapat memberi kontribusi tersebut adalah MPV dengan desain agak mengotak (boxy).

Dari sisi ruang kepala dan kaki dapat dipastikan mampu memberikan ruang yang lega, dan dapat dinikmati untuk orang dewasa dengan tinggi di atas 150 cm. Baik sebagai pengemudi dan penumpang depan, baris kedua maupun paling belakang. Bahkan terkadang menyisakan ruang bagasi yang cukup lapang.

KompasOtomotif-Roderick A Mozes Nissan Evalia tampil dengan karakter boxy dengan tampilan ala van mewah
Barang
Selain itu, mobil dengan karakter boxy bisa bermanfaat untuk mengangkut barang berukuran besar. Konstruksi pelipatan jok baris kedua dan ketiga juga berperan penting. Selain menghadirkan ruang lapang, konsumen bisa lebih fleksibel menata barang. Untuk memberikan efisiensi, biasanya jok baris ketiga dilipat ke samping dan baris kedua dilipat ke depan. Dengan begitu, dapat memberikan volume maksimal.

Kendati demikian, tak kalah penting untuk diperhatikan adalah penataan ruang dan desain yang tetap menghadirkan kemewahan. Meski dibanderol dengan harga terjangkau, estetika desain interior dan penggunaan material juga harus diperhatikan. Dengan begitu, kelegaan, kemewahan, dan kenyamanan bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. Tentunya dengan beberapa penyesuaian.

KompasOtomotif Bisa digunakan untuk mengangkut barang
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com