Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanzanation Journey 2014 [Timur]

Toyota Layani Konsumen Hingga Pelosok Merauke

Kompas.com - 13/02/2014, 17:11 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Merauke, KompasOtomotif – Kondisi geografis dan infrastruktur yang masih belum memadai di Merauke, Papua, menjadi tantangan tersendiri buat konsumen Toyota, yang ingin mendapatkan layanan perawatan dan perbaikan kendaraan. Atas alasan itulah hadir layanan Toyota Home Service yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia.

"Melalui program THS ini kami bisa melayani konsumen di daerah yang jauh dari dealer, dan selalu bisa dilayani dengan baik. Banyak daerah tidak bisa terjangkau lewat jalur darat karena jembatan terputus, tapi ada banyak cara menjangkau mereka,” ungkap Widyawati Soedigdo, General Manager Corporate Planning and Public Relation Toyota Astra Motor, kepada KompasOtomotif di sela gelaran Avanzanation Journey Wilayah Timur.  

Edward Lontoh, GM Marketing Hasjrat Abadi (kelompok dealer Toyota di wilayah Timur Indonesia) menuturkan, pihaknya tetap berkomitmen melayani konsumen Merauke, bahkan telah menjalankan program "jemput bola" seperti THS. Dijelaskan, Hasjrat Abadi Merauke berstatus 3S (penjualan, servis, suku cadang), layanan konsumen tidak hanya dilakukan di dealer, tapi juga di beberapa lokasi terpencil seperti Mappi, Asiki, dan Tanah Merah.  

Komunikasi dengan pelanggan kerap dilakukan untuk memantau sekaligus mendiskusikan masalah. Jika kesepakatan telah ditemui, mekanik beserta suku cadang akan segera dikirimkan. “Kita bisa janjian bertemu dengan konsumen dan mobilnya di pelabuhan, atau bila sangat terdesak (dalam kasus-kasus khusus), mekanik kita terbangkan langsung ke lokasi,” ungkap Edward.

Bahan Bakar
Djoko Pidesko, Service Manager Hasjrat Abadi menjelaskan, masalah umum yang sering ditemui di bengkel terkait sistem injeksi. “Mobil pelanggan sering sekali digunakan berpergian ke daerah terpencil, masalahnya mereka sering menggunakan bahan bakar yang dijual di pinggir jalan. Akibatnya injektor sering kotor bahkan mampat,” tukas Djoko.

Dealer Toyota satu-satunya di wilayah Merauke itu sangat sibuk melayani konsumen. Setidaknya 15 mobil mengantre servis setiap harinya. Namun proses pengerjaan bisa dilakukan dengan cepat sebab setiap mekanik memiliki kemampuan melakukan quick maintenance.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com