Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota 95 persen Indonesia

Kompas.com - 03/02/2014, 11:12 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis


Jakarta, KompasOTomotif
– Rencana Toyota Motor Manufacturing Indonesia segera meresmikan pabrik ketiga khusus untuk memproduksi mesin semakin mengukuhkan komitmen Toyota di Indonesia. Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor, Rahmat Samulo mengatakan, kini 95 persen mobil Toyota diproduksi di dalam negeri.

“Kalau sudah seperti itu, maka nantinya kita bisa jadi basis ekspor. Sekarang, Fortuner, Innova, Avanza, sudah diekspor, nantinya menyusul model lain,” ungkap Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor, di sela gelaran Yaris Show Off, (2/2/2014).

Pembangunan pabrik dikatakan menguntungkan buat Indonesia, tidak hanya membuka investasi, kesempatan kerja, dan peluang suplai produsen komponen. “Efek beruntunnya luar biasa. Keuntungan lain, kebutuhan barang akan mudah dipenuhi, sementara buat konsumen pengurusan surat-surat bisa lebih cepat. Selain itu Toyota bukan cuma jualan produk tapi juga pelayanan. Intinya membuat konsumen tidak khawatir menggunakan produk kami,” tambah Samulo.

5 Persen
Hanya Corolla, Camry, Alphard dan Land Cruiser yang tidak “made in Indonesia”. Hal tersebut dilandasi penjualan sebulan yang hanya mampu 200-300 unit, sementara Land Cruiser hanya sanggup 25 unit. Jumlahnya tersebut mewakili 5 persen dari sekitar 40.000 unit pemasaran mobil baru dalam negeri.

“95 persen produksi dalam negeri itu sudah luar biasa, angka itu terbilang ideal. Kita tidak hanya berhenti sampai disitu,” tukas Samulo. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com