Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha R3 Dipatenkan di Amerika

Kompas.com - 23/01/2014, 08:36 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

California, KompasOtomotif – Yamaha Motor Eropa mengajukan hak paten nama ”R3” sebagai varian baru pada 6 Januari 2014. Dua hari setelah itu, usaha yang sama dilakukan Yamaha Amerika Serikat. Sepeda motor ini pun akan melanglang buana akan singgah ke Asia.

Dari arsip United States Patent and Trademark Office (USPTO) dengan nomor registrasi #86160385, 8 Januari 2014, pendaftaran hak paten ditemukan sama persis dengan di Eropa. Pada dokumen disebutkan, ”R3” akan dipakai untuk nama sepeda motor, skuter, skuter tiga roda, atau peranti suku cadang. Registrasi hak paten itu juga diikuti oleh nama lain seperti Yamaha R1 dan R6.

300cc
Indikasi sementara, R3 adalah nama untuk sepeda motor sport ber-cc kecil menemani konsep R25 (250cc) yang diluncurkan di Tokyo Motor Show, November 2013. Strateginya, berperang dengan Kawasaki Ninja 300 dan Honda CBR300R yang lebih disukai sesuai dengan ketentuan pajak di Eropa dan Amerika ketimbang versi 250cc yang lebih cocok untuk Asia dan Amerika Selatan.

Sosok model ini tidak akan jauh berbeda atau bahkan sama dengan R25 konsep, seperti yang dilakukan Kawasaki dan Honda untuk Ninja dan CBR. Diferensiasi model antara 250cc dan 300cc kini menjadi ”tren” baru bagi produsen sepeda motor Jepang yang terus menyasar konsumen di perkotaan.

Kebiasaan produsen berlogo garputala itu, angka di belakang huruf melambangkan kapasitas silinder. Misalnya R25, berararti 250cc dan R6 600cc.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com