Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Mobil Paling Aman di Eropa

Kompas.com - 10/01/2014, 07:42 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Brussel, KompasOtomotif — Predikat aman sangat penting bagi produsen yang menjual mobil di Eropa. Tingkat keamanan dijadikan salah satu acuan bagi konsumen untuk membeli model tertentu. Bahkan, tanpa pembuktian keselamatan, bisa-bisa model yang dipasarkan tidak laku karena dianggap belum mampu melindungi penggunanya. 

Faktor itulah yang membuat Euro NCAP melakukan tes keselamatan pada 2013. Pengujian dilakukan terhadap 33 model terbaru, dibagi dalam 7 kategori utama.

Perhitungan tingkat keselamatan satu mobil ditentukan oleh beberapa faktor pengujian, yakni perlindungan terhadap orang dewasa, anak-anak, pejalan kaki, dan kelengkapan keselamatan aktif.

Kia Kia Carens.
"Euro NCAP terus melibatkan diri sebagai bentuk tanggung jawab terhadap penemuan baru produsen dan kepuasan konsumen," ujar Michiel van Ratingen, Sekjen Euro NCAP yang dilansir Inautonews, Kamis (9/1/2014). Ditegaskan, hasil yang diraih tahun ini cukup memuaskan karena hasil dominan dengan nilai 4 dan 5 bintang untuk model-model yang sudah dipasarkan.

Mulai tahun ini (2014), perhitungan tingkat keselamatan akan ditambah, yakni sistem penghindar kecelakaan, seperti "Autonomous Emergency Braking" dan "Lane Keep Assist". Keduanya akan dihitung untuk menentukan "rating".

Mobil teraman di Eropa
Model                                             -Segmen
Renault Zoe                                   – supermini
Qoros 3 Sedan                              - small family
Lexus IS 300h                                – large family
Kia Carens dan Tourneo Connect  – small MPV
Jeep Cherokee                                – small off-road 4×4
Maserati Ghibli                               – executive

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com