Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tematis Interior

Melapisi Jok dan Panel Interior Mobil

Kompas.com - 04/01/2014, 11:15 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – ”Menguliti” kabin mobil, terutama jok, bisa dengan berbagai cara. Sekadar memberi sarung, atau bahkan mengganti lapisan asli menjadi kulit dengan warna dan motif jahitan menyesuaikan selera. Semua model dan jenis ada plus dan minusnya. Menerapkan salah satu model kini bergantung kebutuhan.

Donny Apriliananda Nuansa dan motif jok bekleed, bisa sesuai selera.

Sulaiman, penjahit jok di salah satu bengkel di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, mengatakan kepada KompasOtomotif, Jumat (3/1/2013) bahwa tren sekarang lebih banyak melapisi dengan cover. ”Katanya supaya mudah dijual kembali. Jadi nggak merusak jok asli,” ujarnya.

Untuk melapisi jok dan trim, ada beberapa cara:

1. ”Cover”
Sifatnya cuma melapisi untuk melindungi jok asli (terutama yang terbuat dari bahan kain) dari kotoran. Tentu, hasilnya kurang rapi, dan bahannya mudah getas dan pecah setelah dipakai 3 tahun. Kelebihan, harga lebih terjangkau. Bahkan ada dengan bahan ”biasa” cuma dihargai Rp 750 ribu untuk jok mobil penumpang tiga baris.

2. Semi Bekleed
Jenis kedua, pengerjaan lebih rapi. Kulit jok tambahan dijahitkan di jok asli. Kalau cover hanya disarungkan, jenis ini dijahit langsung dengan mengikuti kontur. pelapis asli bawaan dealer tetap dipertahankan, sehingga ketika jahitan dicopot, jok asli masih utuh. Jahitan ini sifatnya paten, begitu jahitan dilepas maka untuk memasangnya kembali harus dijahit lagi. Harganya sedikit lebih mahal, tapi tetap terjangkau, sekitar Rp 1 juta ke atas.

3. Bekleed
Ini cara pemasangan pelapis jok paling rapi. Pembungkus jok bawaan benar-benar dilepas, untuk kemudian disisakan busanya saja. Pelapis pengganti dijahitkan pada jok dengan kontur baru atau sesuai selera. Hargannya cukup tinggi, mencapai Rp 3 juta, itu pun bergantung bahan yang dipakai. Tentu, ketika memilih cara ini, jangan harap bisa mengembalikan bentuk jok asli seperti sedia kala.

Setelah menentukan cara yang dipakai, Anda boleh mulai memikirkan bahan apa yang akan dipasang. Misalnya, memilih antara kulit asli atau sintetis. Jika Anda juga ingin melapisi trim dengan nuansa yang sama (misalnya pintu), proses ke-2 dan ke-3 bisa dilakukan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com