Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Tahun Baru, 1.067 Kendaraan Dibakar di Perancis

Kompas.com - 03/01/2014, 16:31 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Paris, KompasOtomotif - Menteri dalam negeri Perancis, Manuel Valls, mengumumkan ada 1.067 kendaraan, terdiri dari mobil, van, dan skuter, dibakar saat malam pergantian tahun baru di seluruh wilayah Perancis. Kejadian ini terus berulang dan dikatakan telah menjadi hal yang biasa. 

Awalnya dimulai sejak 1990-an sebagai bentuk protes di beberapa lokasi tertinggal, namun kemudian berubah seperti ajang "kontes" tahunan antar wilayah. Dinsinyalir pelakunya adalah pemuda yang tinggal di pinggiran kota besar, seperti Paris, Strasbourg, Marseilles, Toulouse. Mereka turun ke jalan dan berperilaku "sok jagoan",  dan ingin menunjukkan siapa yang paling hebat menimbulkan kekacauan.

Jumlah "korban" menurun sekitar 10 persen dibanding 2012-2013. Walau tidak dikonfirmasi, diduga 53.000 petugas dan polisi dikerahkan untuk berjaga di kota-kota besar sejak pukul 06.00 (31 Desember) hingga 18.00 (1 Januari). Angka tersebut merupakan rekor dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Sebelumnya, pemerintah telah berhenti memberitakan kejadian untuk menekan aksi vandal, namun tetap tidak bisa menghilangkan perilaku yang seperti sudah menjadi agenda tahunan ini. Sumber dari Pemerintah Perancis mengindikasikan, 20-30 persen mobil yang dibakar saat pergantian tahun ternyata dilakukan oleh pemilik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com