Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Bangun Pabrik Motor Ketiga di India

Kompas.com - 08/09/2011, 15:43 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com - Honda Motor Company (HMC) melalui anak usahanya Honda Motorcycle & Scooter India Private Limited memastikan mendirikan pabrik sepeda motor ketiganya di India, Oktober 2011. Tujuannya, Honda tak ingin kehilangan pasar yang penjualannya terus meningkat, selain juga menambah kapasitas produksi.

Pabrik baru ini dibangun dekat Kota Bangalore, melengkapi pabrik pertama di Manesar sebelah utara Haryana dan fasilitas kedua di Tapukara. NK Rattan, Vice President Sales and Marketing Honda Motorcycle & Scooter India Pvt Ltd mengatakan, Honda sudah mempercepat aktivasi pabrik kedua dari semula Agustus menjadi Juli 2011.

"Masih ada inden yang menumpuk mencapai 300.000 unit. Artinya, banyak konsumen yang menunggu, jadi kami putuskan kembali naikkan kapasitas produksi," beber Rattan seperti dilansir the Wall Street Journal, hari ini. Pabrik baru ini ditargetkan mampu memproduksi 1,2 juta unit sepeda motor per tahun yang produksinya dimulai pertengahan 2013.

Honda terus menunjukkan ambisinya menjadi produsen sepeda motor tebesar di India, pasca bercerai dengan mitra lokal Hero MotoCorp Limited, Maret tahun lalu. Untuk merealisasikan ini, Honda cukup optimis bisa mengejar dalam jangka menengah, 10 tahun.

Sampai kini, Hero MotoCorp masih mendominasi pasar sepeda motor di India dengan pangsa pasar 50 persen, menawarkan 15 model ke pasar. Untuk periode Januari-Maret 2011, mereka telah menjual 5,27 juta unit sedangkan Honda baru 1,55 juta unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com