Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih, Kabriolet Tercepat di Dunia

Kompas.com - 11/07/2011, 18:25 WIB

JERMAN, KOMPAS.com - Rumah modifikasi asal Jerman, Brabus menunjukkan karya spektakulernya melalui Mercedes-Benz E-Class yang mereka klaim sebagai sedan konvertibel 4 tempat duduk tercepat di dunia dan "gahar" karena mendapat "800" sentuhan. Dan angka tersebut tak cuma mengidentifikasikan perubahan, tapi juga menyangkut tenaga mesin 800 HP.

Tenaga yang dahsyat itu berkat pengalaman dari para insinyur Brabus dalam mengembangkan mesin V12 dari Mercedes-Benz S600 yang dimodifikasi di semua bagian secara maksimal, mulai dari poros engkol khusus, piston dibikin lebih besar, lubang silinder dan kepala silinder ditingkatkan untuk mengoptimalkan campuran ke camshaft sport. Plus, sistem Biturbo yang memiliki 4 water-to-air intercooler yang menyata dengan turbocahraged.

Dengan perubahan besar itu, kapasitas mesin yang aslinya 5.5 liter naik menjadi 6.3 liter. Selain tenaga 800 HP, torsi maksimum 1.420 Nm, tapi dibatasi secara elektronik sampai 1.100 Nm agar punya daya tahan panjang.

Kecepatan maksimum mobil yang bertransmisi otomatis 5-speed ini diperkirakan bisa mencapai 400 km per jam. Tapi, khusus untuk kabriolet dibatasi sampai 370 km per jam. Saat berakselerasi 0-100 km per jam dicapai dalam waktu 3,7 detik, sedang 0-200 km per jam butuh 9,9 detik dan 300 km per jam 23,9 detik.

Untuk mengimbangi tenaga yang besar, Brabus juga menyempurnakan bagian kaki-kaki. Seperti suspensi dikalibrasi ulang dengan peredam disesuaikan. Termasuk juga sistem rem diganti yang mempunyai performa tinggi.

Bodi mobil dibikin lebih lebar dengan bagian tertentu menggunakan bahan serat karbon.Tujuannya, selain mendapatkan bobot lebih ringan, dengan ubahan itu faktor aerodinamis bisa didapat dan ini sudah diuji dalam terowongan angin. Karena bodi sudah lebar, keempat roda bisa memakai pelek 9.5Jx19 yang dibalut ban ukuran 265/30 ZR (depan), sedang belakang pelek 10 inci dengan ban 295/30 ZR.

Soal biaya, harap menahan napas karena Brabus mematok harga Rp5,78 miliar (680.000 dollar AS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com