Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chevrolet Lelang Unit Produksi Perdananya

Kompas.com - 01/12/2010, 10:51 WIB

DETROIT, KOMPAS.com — Bulan lalu, Kompas.com sempat menjajal kebolehan mobil listrik perdana General Motors, Chevrolet Volt, di China. Kini, produsen otomotif terbesar di Amerika Serikat (AS) itu memulai produksi massal Volt di pabriknya, Hamtramck, Michigan.

Nah, sebagai apresiasi, unit perdana Volt bakal dilelang dan hasilnya akan disumbangkan untuk sekolah-sekolah di Detroit. Pelelangan diselenggarakan di lokasi pabrik.

Saat ini unit perdana Volt belum memiliki nilai tambah. Namun, dalam satu dekade mendatang akan tercatat sebagai sejarah peralihan teknologi otomotif GM dari konvensional menuju listrik.

Unit perdana Volt akan ditawarkan dalam warna Viridian Joule dan kombinasi Light Neutral di interior beraksen gelap. Unit ini juga akan dilengkapi beberapa fitur, seperti kamera belakang, sensor parkir, dan pelek krom. Harga lelang dibuka dari 50.000 dollar AS (Rp 451,4 juta), sedangkan harga normal Volt hanya 41.000 dollar AS (Rp 370,1 juta).

Dengan diproduksi dan langsung dipasarkannya produk tersebut, Chevrolet telah menabuh genderang perang di segmen mobil listrik. Salah satu kompetitor paling penting adalah Nissan Leaf yang baru saja menyabet predikat Mobil Terbaik Eropa 2011. Di lain hal, harga yang ditawarkan untuk produk Leaf kompetitif, yaitu setelah dipotong pajak menjadi 25.280 dollar AS (Rp 230 juta). Adapun harga aslinya 32.780 dollar AS (Rp 298 juta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com