Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba Keseharian Mobil Listrik dengan Audi A1 e-tron

Kompas.com - 15/09/2010, 19:43 WIB

MUNICH, KOMPAS.com — Audi akan menguji mobil listriknya, A1 e-trons, di sekeliling kota Munich untuk mengetahui sejauh mana kemampuan kendaraan elektrik tersebut melayani warga dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Untuk ini, 20 mobil tersebut akan "berdinas" mulai pertengahan 2011 untuk mendukung proyek Model Region Electromobility Munich yang disponsori Kementerian Transportasi Federal Jerman.

Menurut Menteri Transportasi Jerman Peter Ramsauer, mereka tertarik mengetahui lebih jauh gambaran mengenai sistem transportasi masa depan. Proyek ini merupakan sebuah uji lapangan terhadap penggunaan mobil listrik sesuai dengan aktivitas keseharian.

"Tujuan kami, ingin Jerman menjadi pemimpin pasar untuk berbagai mobilitas berbasis listrik. Akan ada satu juta mobil listrik di jalanan Jerman pada 2020," ungkapnya.

Selain Audi, proyek ini juga didukung E.ON, perusahaan pengelola infrastruktur kota Munich, Stadtwerke München (SWM), dan Technical University of Munich (TUM). Untuk itu, didirikan 200 stasiun pengisian listrik oleh E.ON dan SWM.

Pada uji coba nanti, saat proses pengisian listrik, akan ada transfer data antara pengemudi, mobil, dan stasiun pengisian. Sebuah ponsel pintar akan menjadi penghubung sekaligus merekam semua perilaku dan pergerakan pengemudi selama proyek berlangsung.  

Audi A1 e-tron adalah mobil hibrida seri. Jadi, meski digerakkan oleh motor listrik (102 PS) dengan sumber energi baterai lithium-ion, ia tetap dilengkapi dengan mesin bensinWankel kecil dengan rotor tunggal—yang hanya bertugas memutar generator.

Selanjutnya, generator mengisi baterai dan jarak tempuh bisa diperpanjang sampai 200 km. Kalau hanya menggunakan baterai, untuk sekali isi atau penggunaan pertama hanya bisa membuat mobil menempuh jarak 50 km.

Adapun kecepatan maksimum mobil ini 130 km/jam. Jika disetarakan, konsumsi bahan bakarnya 1,9 liter untuk jarak 100 km atau 52,6 km/liter!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com