Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Produksi Truk di Afrika

Kompas.com - 22/03/2010, 10:50 WIB

CHINA, KOMPAS.com — Sebagai pasar yang menjanjikan, China kini banyak diserbu prinsipal mobil dunia. Uniknya, justru produsen kendaraan lokalnya malah melakukan bisnis ke luar. Salah satunya dijalankan oleh FAW Group Corporation (FGC) yang memperluas jaringan bisnisnya ke Afrika Selatan, seperti dilaporkan kantor berita Xinhua yang dikutip Autoevolution.com, Minggu (21/3/2010).

FGC sudah menandatangani nota kesepakatan dengan lembaga Dana Pembangunan China-Afrika, isinya di antaranya disebutkan dua entitas yang sama-sama menginvestasikan dana untuk memproduksi kendaraan truk di Afrika. Adapun jenis truknya yang diproduksi mid-size, tanpa menyebut model dan lokasi pabriknya.

Bisnis baru akan dijalankan dengan dana investasi 100 juta dollar AS (Rp 910 miliar), yang separuh lebih (55 persen) berasal dari FAW. Sisanya, disuntik dari lembaga Dana Pembangunan China-Afrika.

Proyek ini akan mencatat suatu rekor di Afrika dengan dana investasi terbesar. Dan, lembaga Dana Pembangunan China-Afrika sudah menjalani dengan pemerintah China sejak 2007 bertujuan untuk mendukung bisnis dari Negeri Panda tersebut.

FAW Group pada tahun lalu tercatat sebagai pabrikan otomotif terbesar kedua di China. Mereka memproduksi kendaraan penumpang, bus, ringan, menengah, dan truk berat. Dengan pihak luar, FAW telah menjalani mitranya dengan Toyota, Volkswagen, dan Mazda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com