Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi i-MiEV Bensin Masuk Pasar Amerika

Kompas.com - 26/11/2009, 09:41 WIB

JEPANG, KOMPAS.com — Mobil listrik andalan Mitsubishi Motors Corp, i-MiEV, dalam 18 bulan lagi rencananya akan dipasarkan secara global di luar Jepang. Namun, di Jepang dan Eropa, i-MiEV versi mesin bensin sudah dijual.

Nah, MMC ingin memperluas pangsa pasar, salah satunya Amerika Serikat. Produk ini nampaknya akan menjadi pesaing utama Smart ForTwo, produk serupa keluaran Daimler yang sudah lebih dahulu dipasarkan.

Dari dimensi, I-MiEV memiliki tubuh yang lebih panjang sekitar 133,7 inci dari ForTwo. Hasilnya, ruang city car Jepang itu lebih lega dari kompetitor karena muat empat orang, sementara Smart memang dipatok untuk dua orang.

Tenaga yang ditawarkan juga lebih besar. Kalau di Jepang dan Eropa memakai mesin berkapasitas 660 cc turbocharged, khusus untuk AS, mobil ini rencananya akan memiliki mesin baru berkapasitas 1,0 liter tiga silinder. Demikian menurut sumber yang dikutip AutomotiveNews.

Namun, mengingat kerja sama itu melibatkan Daimler, maka mesin yang digunakan di i-MiEV sama saja dengan yang diaplikasikan di ForTwo. Mitsubishi belum menyatakan secara resmi, kapan mobil ini masuk ke AS. Namun minimal, target yang harus dipenuhi pabrikan sekitar 1.000 unit per bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com