Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik VW di Meksiko Berhenti Produksi Sementara

Kompas.com - 06/03/2009, 11:30 WIB

MEKSIKO, JUMAT — Pabrik mobil Eropa yang punya kekuatan bisnis di luar negeri sudah terkena dampak krisis global. Seperti Volkswagen (VW) misalnya, dengan terpaksa menghentikan operasi pabriknya yang di Meksiko selama tiga minggu. Langkah ini akibat resesi di Amerika mengakibatkan menurunnya permintaan.

Kepada wartawan, Ketua Pekerja Otomotif Meksiko, Victor Cervantes, mengatakan, Jumat (6/3), bahwa para pekerja juga harus mengambil tambahan liburan sepanjang tahun ini. Tak cuma itu, bahkan ia mencium kalau perusahaan bakal memberhentikan sekitar lebih dari 1.000 karyawan. Meskipun demikian, pihak manajemen belum memberi komentarnya perihal itu.

Pabrik di Meksiko yang memproduksi 450.000 unit tahun lalu, operasinya telah ditutup dalam beberapa hari selama Januari. Dibarengi pula dengan mengurangi 900 tenaga kerja. Sebagai salah satu pabrik terbesar di Meksiko yang memproduksi New VW Beetle, VW mengekspor ke Amerika Serikat, Kanada, dan Eropa.

Akibat melemahnya ekonomi dunia diperkirakan produksinya akan turun. Termasuk ekspornya juga yang tahun lalu mencapai lebih dari 50 persen.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com