Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chevrolet Perkenalkan Konsep GPiX X-Over Kupe

Kompas.com - 29/10/2008, 10:25 WIB

SAO PAULO, RABU – General Motors (GM) Brasil memperkenalkan mobil konsep Chevrolet GPiX x-over kupe di Sao Paulo International Auto Show ke-25 yang berlangsung dari 30 Oktober – 9 November 2008. Untuk media, pameran dibuka kemaren (27 Oktober waktu Brasil).

Konsep Chevrolet GpiX X-Over kupe ini dikembangkan oleh divisi desain General Motor di Brasil. Dijelaskan pula, mobil konsep ini merupakan segmen baru yang sangat potensial untuk meningkatkan pangsa pasar GM di kawasan Mercosur.

DNA Global
Dengan tampilnya GPiX, dipastikan pula GM tidak bisa lepas dari epidemi tren x-over yang melanda produsen mobil dunia dalam beberapa tahun terakhir. Kecenderungan produsen berpaling ke x-over diperkuat dengan rontoknya reputasi SUV di Amerika Serikat saat ini.

Meski begitu, GM berusaha menampikan fiturnya sendiri, yaitu format dua pintu. Dan yang pasti mobil dengan “ground clearance” tinggi ini tampak seperti perpaduan SUV dan x-over.

Dijelaskan, mobil ini dirancang sesuai dengan penggunaannya untuk berbagai kondisi jalan. “Meski begitu tetap sporty. Cocok untuk kebutuhan konsumen dengan geografi seperti di Brasil,” kata Carlos Barba, direktur desain GM Latin America, Afrika dan Timur Tengah.

Untuk GPiX, GM mengawinkan unsur DNA desain global Chevrolet dengan biaya produksi lebih murah. Tujuannya, agar nantinya bisa berkompetisi dengan kondisi pasar yang sangat ketat sekarang ini.

Jaime Ardila, Presiden GM Brasil dan Mercosur mengatakan, ”Melalui proyek ini, konsep Chevrolet GPiX akan berkembang dengan model lainnya. Tentunya dirancang sesuai dengan kebutuhan konsumen Brasil dan kawasan Mercosur.”

Kaca Panoramik
Pastinya, GPiX tampil dengan wajah baru Chevrolet. Meski begitu, yang ditonjolkan Chevrolet pada mobil konsep ini adalah desain lampu depan yang menggunakan teknologi LED. Hasilnya, mobil kesan lebih gaya dan modern.

Untuk menambah kesan gagah dan “macho” GM memilih ban dan pelek 17 untuk x-over kupe. Di samping itu, juga menawarkan desain dengan kaca panoramik. Kaca depan, merentang sampai ke atas atau atap depan. Dijelaskan, dengan kaca panoramik ini, penumpang di dalamnya akan memperoleh penerangan maksimum. Di samping itu juga menimbulkan sensasi kelegaan interior.

Interior
Tak kalah menarik adalah desain interior yang berani. Kali ini GM menampilkan kombinasi warna hitam dan merah untuk interior. Ditambahkan, interior mobil ini fungsional dengan empat penumpang.

Semua jok dapat dilipat . Panel lantainya rata dan membuat ruang interior bertambah lega. Panel instrumen tampil dengan desain moderen dengan tayangan digital yang mudah dibaca.

Setir serbaguna dengan desain baru, menurut GM mampu meningkatkan interaksi pengemudi dengan mobil. Pengemudi pun dapat mengoperasikan sistem komunikasi dan perlengkapan hiburan yang tersedia pada mobil ini dengan mudah, seperti bluetooth, komputer genggam, CD dan MP3 player.

Penggunanan nama GPiX , menurut GM adalah untuk memberikan kesan Global (G) dan Pix berarti gambar atau imej. Dengan ini GPiX adalah gambaran produk global GM. Kalau sudah begini, kemungkinan besar sebagian dari fitur mobil ini bisa saja diaplikasinya nantinya buat Chevy yang dipasarkan di Indonesia. Atau menggusung x-over ini nantinya sebagai varian baru buat konsumen dan pencinta Chevy di Indonesia?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com