Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Girbok Double Clutch Dari BMW

Kompas.com - 24/06/2008, 11:47 WIB

JERMAN, SELASA – BMW M GmbH memperkenalkan girboks terbaru karya mereka yang dinamai M DCT (M Double-Clutch Transmission). Teknologi ini bukan sesuatu yang baru, karena sudah mereka perkenalkan pertama kali pada 2002 yang dipasang pada VW Golf R32.

Bahkan jauh sebelum itu, tepatnya pada 1996 BMW M GmbH telah menciptakan girboks sequential. Sistem pengoperasiannya dikontrol secara hidraulis elektronik tanpa menginjak pedal kopling. Setelah lahir tiga generasi sequential M Gearbox, barulah kini  muncul M DCT ini.

Girboks dengan kopling ganda ini terus mengalami pengembangan. Teknologinya banyak diadopsi berbagai pabrikan mobil.

Keistimewaan sistem M DCT, pemindahan gigi cepat, tenaga konstan dan tanpa mempengaruhi konsumsi  ketika memindahkan gigi persneling. Bagaimanapun, M DCT ini diklaim sangat nyaman dipakai setiap hari.

Bekerja sama dengan Getrag, BMW tercatat produsen pertama menciptakan girboks kopling ganda dengan 7 tingkat percepatan. Transmisi ini dirancang untuk mesin V8 dengan putaran mesin di atas 9.000 rpm.

Tak Cuma itu, transmisi M kopling ganda ini dipasang pada BMW M3 coupe dan convertible bermesin 4.0L V8 dengan tenaga 420 dk. Dirancang dengan program 11 drivelogic dengan launch control. SBT

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com