Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Ganti Head Unit Mobil, Harga Mulai Rp 900.000

Kompas.com - 30/08/2024, 14:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kurang puas dengan head unit (HU) bawaan standar mobil, membuat banyak pemilik kendaraan yang melakukan upgrade pada komponen tersebut menggunakan produk aftermarket. Terutama untuk kendaraan yang berada di segmen mobil murah seperti low cost green car (LCGC).

Saat ini juga sudah banyak rumah aksesori mobil yang menawarkan upgrade head unit dengan harga terjangkau.

Salah satunya seperti yang ditawarkan oleh Elyn Variasi yang berlokasi di Pasar Mobil Kemayoran, Jakarta Pusat. Elyn Variasi menyediakan head unit dengan harga mulai Rp 900.000.

Baca juga: Video Tesla Cybertruck di Jalan Raya, Diduga Pakai Pelat Palsu

“Kebanyakan pemilik mobil ganti dari yang standar ke Android Auto, biasanya untuk YouTube. Harga paling murah Rp 900.000 sampai yang Rp 4 juta lebih juga ada,” ucap Anah, pemilik Elyn Variasi, saat ditemui Kompas.com, di Jakarta Pusat, belum lama ini.

Pilihan head unit Kompas.com/Nanda Pilihan head unit

“Perbedaannya di RAM dan memori, mulai dari 8GB, 32 GB, 64 GB, 128 GB, bervariasi. Mereknya ada JEC, Audiobank, sampai Nakamichi yang paling mahal,” lanjutnya.

Anah melanjutkan untuk proses pemasangan hanya membutuhkan waktu beberapa jam, tergantung jenis dan merek mobilnya. Pemasangan menggunakan sistem plug and play.

“Kita menggunakan kabel OEM, soket ke soket, tidak ada potong atau sambung kabel. Bisa di semua mobil, seperti yang banyak itu Honda Brio dan Toyota Avanza,” ucap Anah.

Baca juga: Efek Buruk Sering Injak Pedal Setengah Kopling Saat Macet

Selain di Elyn Variasi, pemilik mobil juga punya alternatif lain untuk membeli head unit, namun harga sedikit lebih mahal. Merek yang menjadi acuan seperti Pioneer DMH-A345BT dengan harga Rp 2,5 jutaan yang sudah support bluetooth dan web link via kabel USB.

Kemudian ada juga merek Kenwood DMX7022S, dengan harga Rp 4,6 jutaan, sudah dilengkapi dengan bluetooth, rearcam, Apple CarPlay dan Android Auto via kabel USB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau