Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilik Harley-Davidson Indonesia Bergeser ke Usia Muda

Kompas.com - 20/08/2024, 08:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor gede (moge) dari Harley-Davidson kerap diibaratkan sebagai tanda kemapanan. Tidak jarang pemiliknya memang punya usia yang cenderung tua, minimal di atas 40 tahun.

Cuma kalau melihat pemilik Harley-Davidson sekarang di Indonesia, ada pergeseran usia ke demografi yang lebih muda. Seperti yang dikatakan Irvino Edwardly, Sales & Marketing Director JLM Auto, pembeli Harley-Davidson punya latar pekerjaan yang beragam.

"Kami lihat banyak dari pengusaha, profesional, dan eksekutif. Kami sangat senang ada pertumbuhan pelanggan yang lebih muda. Sekarang bisa dibilang umur 25 tahun sudah mulai kita lihat cukup banyak," kata Irvino di Jakarta, Minggu (18/8/2024).

Baca juga: Harley-Davidson Seri Touring yang Paling Diminati Orang Indonesia

Harley-Davidson luncurkan pop-up store yang terletak di pusat perbelanjaan Senayan City Mall pada 5 April - 30 Juni 2024.Dok. PT JLM Harley-Davidson luncurkan pop-up store yang terletak di pusat perbelanjaan Senayan City Mall pada 5 April - 30 Juni 2024.

Padahal kalau dulu kata Irvino, harga Harley-Davidson yang cukup mahal, dari sisi kemapanan, baru orang yang berumur yang bisa memiliki. Tapi sekarang, dengan lini produk yang makin lebar, banyak diminati generasi yang lebih muda.

Bukan cuma usia yang makin muda, kemunculan pengendara wanita juga terus bertambah. Mereka awalnya dari penumpang, istri pemilik Harley-Davidson yang mulai tertarik untuk belajar membawa moge tersebbut.

"Walau memang pertumbuhanya tidak seperti di Amerika, tapi kami lihat cukup banyak para lady rider yang mana awalnya mereka boncengers, dari istri para suami, mereka sekarang tertarik," kata Irvino.

Baca juga: Diskon Mobil Listrik Agustus 2024, Wuling BinguoEV Tembus Rp 75 Juta


Irvino melihat banyak istri konsumen yang mulai belajar (membawa) dan membeli Harley-Davidson. Sekarang estimasi mungkin ada 30-an lady rider Harley-Davidson di Indonesia.

Model motor yang lebih kecil seperti Sportster dan Cruiser seperti Fat Boy yang lebih diminati para lady rider. Jadi makin banyak saja pengguna Harley-Davidson di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau