Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Wuling Laris, Bagaimana Nasib Confero dan Kawan-kawan?

Kompas.com - 15/08/2024, 11:15 WIB
Azwar Ferdian

Editor

BOGOR, KOMPAS.com - Wuling Motors menjadi pabrikan asal China yang sudah hadir selama tujuh tahun di Indonesia. Awalnya, line up produk Wuling menawarkan mobil mesin konvensional (ICE/Internal Combustion Engine), tapi saat ini penjualan Wuling malah didominasi oleh mobil listrik (EV/Electric Vehicle).

Pada line up mobil ICE, Wuling tercatat masih memasarkan Confero, Cortez, Alvez, Almaz dan Formo. Sedangkan pada jajaran EV ada Air ev, Binguo dan juga Cloud EV.

Wuling menyatakan saat ini andalan penjualan ada pada segmen EV, meski hanya mengandalkan tiga produk. Namun, situasi ini tidak membuat pabrikan asal China tersebut melupakan segmen ICE, yang masih menjadi pangsa pasar terbesar market otomotif Indonesia.

Baca juga: Rapor Mobil Listrik Wuling, Jadi Tulang Punggung Penjualan

"Penjualan mobil listrik secara total nasional, semester 1 2024 sudah ada di angka 2,9 persen. Tadinya di akhir 2023, tidak sampai 2 persen. Ini menandakan ada pertumbuhan di segmen EV, meski segmen ICE masih dominan. Wuling melihat ICE masih market terbesar di Indonesia," jelas PR Manager Wuling Motors Brian Gomgom, kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

Ilustrasi booth Wuling di GIIAS 2024KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi booth Wuling di GIIAS 2024

Situasinya memang berbeda buat Wuling, karena enjualan terbesar Wuling justru ada di segmen EV dengan share mencapai 70 persen, atau hingga akhir semester 1 2024, penjualan mobil listrik Wuling sudah mencapai angka 7.000 unit lebih.

"Kami tidak melupakan bahwa Wuling masih punya mobil berbahan bakar minyak, dan itu masih menjadi fokus wuling. Tapi wuling akan terus beradaptasi dengan kebutuhan EV yang semakin besar, kita melihat itu potensi yang besar, meski segmen ICE masih mendominasi," jelas Brian lagi.

Baca juga: Mobil Listrik Terlaris Juli 2024, BYD Geser Wuling dan Hyundai

Robertus Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors menambahkan, saat ini Wuling menjadi pemimpin penjualan mobil listrik di Indonesia. Situasi ini tentu akan memberikan poin plus tersendiri buat Wuling, karena peluang EV buat tumbuh masih sangat besar.

"Poin positifnya, kalau konsumen mau beli mobil listrik yang ada di pikiran mereka pertama adalah Wuling. Akan tetapi, kita tidak melupakan bahwa Wuling juga masih ada mobil ICE, dimana kami masih menjual sekira 3.000 unit dalam satu semester," jelas Danang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau